Angkum Wajib Terapkan Protokoler Kesehatan

by

**Pintu Masuk Disediakan Hand Sanitizer

KAJEN – Untuk mempersiapkan new normal, angkutan umum (Angkum) yang beroperasi di Wilayah Kota Santri wajib menyediakan hand sanitizer. Kemudian untuk physical distancing isi penumpang tidak boleh penuh.

Hal itu dibenarkan Ketua Organisasi Angkutan Daerah (Organda) Kabupaten Pekalongan Slamet Sutrisno, Selasa (30/06/2020). Kata dia, setelah Kabupaten Pekalongan dinyatakan sebagai zona hijau, semua angkutan umum beroperasi seperti biasa. Namun demikian dalam menerima penumpang sudah dilakukan sosialisasi supaya pengelola angkutan wajib menyediakan hand sanitizer.

“Jadi setiap pintu angkutan wajib menyediakan Sanitizer untuk penganti cuci tangan. Karena angkutan umum ini banyak keluar masuk warga sehingga harus benar benar menerapkan protokoler Kesehatan,” katanya.

Adapun pemberlakuan protokoler kesehatan, lanjut Slamet, diterapkan pada semua angkutan umum baik Angkutan Kota (Angkot), Bus ANtar Kota Dalam Provinsi (AKDP) atau Bus Antar Kota luar provinsi. Dengan menerapkan protokoler kesehatan, maka pihaknya ikut mendukung program pemerintah dalam meminimalisir penularan Covid-19.

“Kemudian untuk pengemudi kita wajibkan menggunakan masker, begitu pula untuk penumpang. Sedangkan penumpang yang naik juga dibatasi maksimal separoh dadi isi kursi. Jadi apabila kursi tidak dikurangi wajib dikosongkan untuk jaga jarak,” lanjutnya.