Go Digital, Disdukcapil Siap Layani Dokumen Kependudukan Online

by

BATANG – Memasuki era digital dan perkembangan IT, Disdukcapil Batang berinovasi dengan memberikann layanan secara online. Layanan melalui http://dispendukcapil.batangkab.go.id/ ini meminimalisir masyarakat yang mengajukan permohonan ke kantor, karena cukup mengakses dari rumah.

Terlebih, di tengah Pandemi Covid-19 ini layanan online tentunya bisa menjadi pilihan masyarakat. Khususnya bagi yang ingin mengupdate data kependudukan tanpa harus khawatir terpapar corona saat berada di luar rumah.

“Ada 22 jenis layanan kependudukan yang bisa dilayani lewat online. Kecuali untuk KTP dan KIA, memang masih dilakukan secara semi online, karena masih diharuskan perekaman. Namun untuk akta kelahiran, kematian dan lainnya bisa diakses secara online melalui website kami,” terang Kepala Disdukcapil Batang, Abdul Rokhman, Senin (29/6/2020)

Dijelaskan, layanan online itu juga menyediakan berbagai informasi, seperti statistik permohonan layanan dokumen harian, dan informasi persyaratan dibutuhkan untuk membuat dokumen kependudukan. “Jadi sebelum daftar mereka sudah tahu apa saja syaratnya, sehingga ketika mendaftar sudah siap,” imbuhnya.

Menyambut new normal sendiri pelayanan kependudukan di tingkat kecamatan pun sudah aktif kembali. Namun memang untuk pelayanan baik di kantor Disdukcapil maupun di operator kecamatan, pihaknya melakukan pembatasan layanan. Selain itu, layanan juga dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan.