JPS Susulan Dicairkan di Kelurahan Bandengan

by

*Total Penerima Ada 379 KK

BANDENGAN – Kelurahan Bandengan, Kecamatan Utara, Kota Pekalongan akhirnya menerima bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) susulan dari Pemkot Pekalongan. Sebanyak 379 Kepala Keluarga (KK) menerima bantuan tunai sebesar Rp 600 ribu untuk tiga bulan. Penyaluran JPS Susulan berlangsung kondusif dengan penerapan protokol kesehatan penanganan Covid-19 di Kota Pekalongan.

Lurah Bandengan, Mohamad Abidin, mengungkapkan bahwa dari total 402 KK Kelurahan Bandengan yang diusulkan, setelah diverifikasi datanya terdapat 379 KK warga yang berhak menerima bantuan JPS susulan. Tujuan penyaluran JPS susulan tersebut adalah untuk mengakomodir warganya yang belum terdaftar sebagai penerima bantuan apapun.

“Mereka yang mendapatkan JPS susulan ini adalah warga terdampak Covid-19 yang belum mendapatkan bantuan sama sekali, baik dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun pemerintah daerah. Adapun yang diterimakan berupa uang tunai sebesar Rp 600 ribu untuk tiga bulan setiap penerima manfaat,” tutur Abidin, Senin (29/6/2020).

Karena jumlahnya sedikit, maka penyaluran JPS susulan bisa diselesaikan dalam sehari, yakni pukul 12.30-16.30. Dengan adanya bantuan tersebut, Abidin berharap warganya yang belum tercover bantuan dari manapun bisa terbantukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Program bantuan sosial tunai ini merupakan upaya dari pemerintah untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak wabah Covid-19, kecuali ASN, pensiunan TNI, Polri, Pegawai BUMN dan BUMD serta masyarakat mampu tidak berhak menerima bantuan ini,” ujar Abidin.