Akan Dibangun Museum Peradaban

by

Pemkab Pekalongan berencana mendirikan museum peradaban di Desa Lemahabang, Kecamatan Doro. Pasalnya, desa ini merupakan desa kuno yang meninggalkan jejak peradaban, baik itu peradaban Jawa Tengah maupun peradaban Pekalongan jaman awal.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat kunker di Desa Lemahabang, menyampaikan, pemkab saat ini sedang fokus dalam melakukan pembangunan dan pengembangan daerah, baik di desa maupun kota.

Menurutnya, Desa Lemahabang masuk dalam salah satu desa yang sedang dikembangkan, karena di desa ini merupakan desa kuno yang memiliki nilai budaya, pariwisata, dan aspek sejarah peradaban wilayah Jawa Tengah maupun Pekalongan sejak awal.

‘’Saat ini pemerintah sedang konsen dalam membangun baik di desa-desa maupun di kota. Desa Lemahabang ini setelah kita teliti sejak dahulu, desa ini sebenarnya desa kuno, dan meninggalkan jejak peradaban, baik itu peradaban Jawa Tengah maupun peradaban Pekalongan jaman awal,’’ kata Bupati, baru-baru ini.

Selain itu, lanjut dia, untuk semakin memberikan kesan nilai sejarah peradaban yang ada di Desa Lemahabang, pihaknya telah berkoordinasi dengan lembaga terkait untuk mendirikan museum peradaban di Desa Lemahabang dan saat ini tahapnya sudah pada tahapan survei.