Permohonan Uji KIR Melonjak 20%

by

*Kendaraan Antre sampai Pinggir Pantura

BATANG – Memasuki masa transisi menuju tatanan hidup normal baru, antrean angkutan umum seperti bus dan truk yang akan mengurus Kartu Uji Berkala (KIR) di Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Batang mengalami lonjakan.

Kondisi itu terlihat pada Senin (29/6/2020) kemarin. Antrean angkutan umum tampak memadati area parkir dan mengular hingga depan kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Batang.

“Memang sejak new normal dibuka pada 5 Juni 2020 lalu, ada peningkatan jumlah pemilik kendaraan yang mengurus KIR hingga mencapai 20 persen,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batang, Murdiono, kemarin.

Ia menyebut, pada masa pandemi sejak bulan Maret, jumlah pemilik kendaraan yang mengurus KIR hanya di kisaran 20 kendaraan per hari.
Jumlah itu mengalami penurunan sangat tajam mencapai 50 persen, dibanding masa sebelum pandemi yang mencapai 40-50 kendaraan per hari. “Kini, setelah new normal, per hari sudah di angka 30 kendaraan per hari,” ucapnya.

Murdiono memprediksi, masih harus butuh waktu hingga akhir tahun 2020 nanti untuk mencapai angka 40-50 kendaraan per hari seperti sebelum pandemi.

Seorang sopir bus jurusan Pekalongan-Sukorejo, Nono, mengatakan baru mengurus KIR setelah new normal. Alasannya, selama masa pandemi, ia libur selama tiga bulan dan tidak bekerja. “Baru tiga hari ini mulai kerja lagi,” tandasnya. (fel)