DP4 Pilkada 764.344 Jiwa

by

Dikatakan, setelah direkrut oleh PPS, PPDP akan ditetapkan oleh KPU pada tanggal 10 Juli 2020. Pada tanggal 15 Juli 2020, kata Abi, akan dilakukan coklit serentak. “Pada tanggal 10 hingga 14 Juli ini lah sebelum mereka bekerja akan dirapid terlebih dulu,” kata dia.

Menurutnya, coklit dilakukan untuk memvalidasi data pemilih. “Kita sudah ada data dari Kementerian Dalam Negeri melalui Disdukcapil. Data ini akan dicocokan apakah benar data yang bersangkutan masih berada di Kabupaten Pekalongan,” katanya.

Jika meninggal, ujar Abi, data pemilih ini akan dicoret. Jika pindah antar desa atau kecamatan di Kabupaten Pekalongan maka akan diklarifikasi. Selain itu, dalam proses coklit juga mendata apakah masih ada data tambahan pemilih baru.

“Apakah masih ada data tambahan lagi, misalnya menantu, pindahan dari luar kota dan belum laporan sehingga jadi pemilih baru, atau pensiunan TNI/Polri yang menjadi bagian dari coklit,” ujar Abi.

Disebutkan, DP4 Pemilu 2020 di Kabupaten Pekalongan sebanyak 764.344 pemilih. Untuk pemilih pada Pemilu terakhir ada 725790 pemilih. “Pemilih pemula hingga 9 Desember taksirannya ada 21.024,” terang dia. Ditandaskan, pada Pilkada lanjutan 2020 syarat pemilih harus memiliki KTP elektronik. Oleh karena itu, persoalan surat keterangan (Suket) diharapkan bisa segera diselesaikan. (had)