DP4 Pilkada 764.344 Jiwa

by

**KPU Rekruitmen PPDP 2.163 Personel

KAJEN – Jumlah pemilih pemula di Kabupaten Pekalongan diperkirakan ada 21.024 jiwa. Untuk Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Pilkada lanjutan tahun 2020 di Kota Santri sendiri ada 764.344 jiwa.

Demikian disampaikan Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal ditemui di kantornya, Senin (29/6/2020). Untuk memvalidasi data pemilih tersebut, KPU Kabupaten Pekalongan akan melakukan coklit tanggal 15 Juli sampai 13 Agustus 2020. Menurutnya, proses coklit ini melibatkan 2.163 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). “Hari ini PPDP masih direkrut,” kata Abi.

Diterangkan, PPDP mekanismenya direkrut oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari pengurus RT atau RW yang menguasai wilayah. Diterangkan, syarat PPDP di antaranya usia 20-50 tahun, sehat jasmani dan rohani, dan tidak menjadi tim pemenangan peserta Pemilu maupun pemilihan. Syarat lainnya, kata dia, tidak mendapatkan sanksi sebagai pegawai, dan menguasai wilayah.

“Untuk syarat pendidikan tidak ada ketentuan,” ujar dia.
Di tengah pandemi Covid-19, lanjut dia, PPDP sebelum bekerja akan menjalani rapid test. Dalam bertugas, mereka juga dilengkapi alat pelindung diri (APD) seperti masker, hand sanitizer, face shield, dan sarung tangan.

“Semua petugas dalam bekerja sesuai dengan protokol Covid-19. Untuk APD PPDP dibantu oleh pemda,” terang dia.