Kookmin Telah Selesaikan Uji Tuntas pada Bukopin

by

JAKARTA – Direktur Utama Bank Bukopin Rivan Purwantono mengatakan, saat ini proses due diligence atau uji tuntas oleh KB Kookmin Bank (KB) pada Bank Bukopin telah mencapai tahap final.

Dengan rampungnya uji tuntas ini, proses penguatan permodalan PT Bank Bukopin Tbk. melalui suntikan dana segar dari Kookmin Bank terus berlanjut. Sejalan dengan proses tersebut, KB dan Bukopin juga bersama-sama melengkapi proses yang diperlukan untuk realisasi Kookmin menjadi pemegang saham pengendali (PSP) Bukopin, baik dalam memenuhi ketentuan di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun regulator KB di Korea Selatan.

“Dengan hadirnya Kookmin Bank di dalam Bank Bukopin diharapkan dapat memperkuat bisnis UKM dan konsumer Bank Bukopin di industri perbankan Indonesia, karena KB dan Bank Bukopin memiliki core bisnis yang serupa, di bidang UKM dan konsumer,” kata Rivan, Ahad 28 Juni 2020.

Rivan mengatakan, hingga 11 Juni 2020, Kookmin Bank telah merealisasikan komitmennya untuk menjadi pemegang saham pengendali Bank Bukopin, dengan menyuntikkan dana sebanyak US$ 200 juta. Hal ini menunjukkan konsistensi keseriusan Kookmin Bank sebagai pemegang saham terbesar kedua perseroan sejak Juli 2018.

Ia berharap, kehadiran Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali Bank Bukopin nantinya semakin memperluas jaringannya ke nasabah korporasi yang terafiliasi dengan Korea Selatan. Bank Bukopin juga mengincar nasabah yang mempertimbangkan kehadiran pemegang saham berkaliber regional Asia dalam memilih mitra bank.