Zonasi Belum Berjalan Maksimal

by

**Lima Kecamatan Tak Miliki SMA/SMK Negeri

BATANG – DPRD Provinsi Jawa Tengah menilai pelaksanaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 jalur zonasi untuk tingkat SMA/SMK di wilayah Kabupaten Batang belum berjalan secara maksimal.

“Batang belum maksimal, karena ada keterbatasan jumlah SMA dan SMK Negeri di wilayah setempat,” ujar Ketua Komisi E DPRD Jateng, Abdul Hamid, usai melakukan kunjungan kerja di SMK 1 Kandeman, Senin (29/6/2020).

Ia mengatakan, apabila sistim zonasi diperlakukan dan pemerataan akses pendidikan untuk siswa yang ingin memperoleh pendidikan di sekolah negeri, maka harus ada penambahan jumlah SMA dan SMK Negeri di berbagai kecamatan Kabupaten Batang.

“Ya, tadi muncul rekomendasi baik dari Dinas Pendidikan Kabupaten Batang dan Provinsi Jawa Tengah, agar ada penambahan jumlah SMA Negeri dan SMK Negeri. Karena saat ini, dari 15 kecamatan di Kabupaten Batang, hanya ada enam kecamatan yang memiliki SMA Negeri dan empat kecamatan yang memiliki SMK Negeri,” ungkapnya.

Abdul Hamid mengungkapkan, bahwa memang sudah ada usulan untuk melakukan penambahan jumlah SMA dan SMK Negeri di Kabupaten Batang. Namun, pihaknya belum dapat memastikan kapan usulan itu dapat direalisasikan.