Efisien dan Ramah Lingkungan, Bisa Bertahun-tahun Melaut Tanpa Bahan Bakar

by

Dia mengapresiasi inovasi yang dilakukan anak bangsa. Alias Wello juga yakin jika inovasi ini dikawal dengan baik maka manfaatnya akan dirasakan lebih luas oleh masyarakat nelayan di Indonesia. “Kita perlu menemukan inovasi kreatif seperti ini, terutama yang ramah lingkungan, multiguna dan efisien,” tambahnya.

Selama ini, lanjut Bupati, nelayan di wilayahnya mengandalkan bahan bakar solar untuk berlayar. Padahal di wilayahnya, ketersediaan solar terkadang sulit didapat. Jikapun ada, harganya lebih tinggi dari harga industri. Sehingga hadirnya kapal tenaga surya menurutnya bisa menjadi solusi bagi masalah yang selama ini dihadapi para nelayan. “Selama ini dengan bahan bakar nelayan sulit mencapai hasil maksimal dan mencapai kesejahteraan. Semoga dengan inovasi ini bisa berdampak besar bagi nelayan kami ke depan,” harapnya.

*Apresiasi dari Habib Luthfi

Dalam acara peluncuran kapal tenaga surya, hadir juga Habib Luthfi bin Ali bin Yahya. Dalam memberikan sambutannya, Habib Luthfi mengaku bangga dengan adanya inovasi dan kreativitas yang berdasarkan pada ilmu pengetahuan. Di mana para inisiator pembuatan kapal tersebut tidak hanya sekedar tekstual dalam memahami ilmu pengetahuan melainkan dapat menerapkannya dalam sebuah karya.

“Saya sangat bangga dengan mereka yang bisa menggali ilmu pengetahuan dan menerapkannya untuk kepentingan banyak orang. Utamanya di sini adalah bagaimana memanfaatkan energi dari sinar matahari yang sangat luar biasa. Kalau kita mau menggali, manfaat sinar matahari ini sangat banyak dan sudah seharusnya kita mampu memanfaatkannya,” tutur Habib Luthfi.

Di sisi lainnya, potensi dunia maritim Indonesia juga sangat besar. Sehingga melalui inovasi tersebut dia berharap nelayan akan semakin terbantu. “Ini bisa membawa keuntungan bagi nelayan. Kebutuhan berapa ton bahan bakar, bisa digantikan energi dari sinar matahari lewat teknologi ini. Dampaknya tentu saja bisa menambah pendapatan bagi nelayan,” tambahnya.

Ulama kharismatik yang juga anggota Wantimpres tersebut berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah melakukan inovasi dengan membuat kapal tenaga surya tersebut. Dia berharap apa yang menjadi karya anak bangsa bisa bermanfaat bagi nelayan, tak hanya nelayan di Kota Pekalongan saja melainkan juga untuk nelayan di seluruh Indonesia.(*)