Jumlah Pelayanan di Dindukcapil Naik Signifikan

by

*Dindukcapil

KOTA – Jumlah warga Kota Pekalongan yang mengakses pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dikdukcapil), mengalami peningkatan signifikan sejak sebulan terakhir. Pelayanan yang paling banyak diakses yakni pembuatan maupun perubahan Kartu Keluarga (KK), pembuatan akte kelahiran, pembuatan KIA dan KTP.

Kepala Dindukcapil, Drs H Suciono mengungkapkan, selama pandemi Covid-19 pihaknya tetap membuka pelayanan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. “Kami tetap membuka pelayanan dan justru jumlah masyarakat yang mengakses pelayanan meningkat antara 15% sampai 20%,” tutur Suciono saat ditemui di kantornya belum lama ini.

Menurutnya, banyak faktor yang membuat banyaknya warga yang mengakses pelayanan administrasi kependudukan. Diantaranya momentum pemberian bantuan Covid-19 dari pemerintah, juga momentum penerimaan peserta didik baru di seluruh tingkat satuan pendidikan. “Pembuatan KK masih mendominasi, masih jadi yang terbanyak. Baik itu untuk pemecahan, karena ada pemekaran RT maupun warga yang pindah datang,” jelasnya.

Suciono menambahkan, selama memberikan pelayanan kepada masyarakat pihaknya menerapkan standar protokol kesehatan ketat. Mulai penyediaan tempat cuci tangan, pengukuran suhu, penataan jaga jarak hingga penyediaan masker bagi masyarakat yang tidak membawa. “Alhamdulillah selama ini semua bisa berjalan lancar, teratur dan masyarakat yang hadir seluruhnya juga bersedia menerapkan protokol kesehatan,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga memberikan imbauan kepada warga Kota Pekalongan yang sudah merekam data KTP elektronik agar segera mengambil keping KTP-el yang sudah dicetak. Sebab masih ada sekitar 500 keping KTP-el yang sudah dicetak namun belum diambil oleh pemilik.