Petugas Medis Diminta Optimis Pandemi Covid-19 akan Segera Berakhir

by
Wabup Suyono mengecek pengetahuan petugas medis dalam memgenakan APD saat bertugas.

BATANG – Para petugas medis baik itu dokter, perawat atau petugas kesehatan lainnya harus tetap optimis dalam menghadapi pandemi Covid-19 atau virus corona yang saat ini tengah melanda. Sebagai garda terdepan, petugas medis harus mampu memberikan contoh rasa optimis kepada yang lain yakin bahwa pandemi ini akan berlalu.

“Kita harus selalu optimis bahwa Pandemi ini akan segera berakhir. Dan kita dari pemerintah akan selalu mendukung kinerja para petugas medis dalam menghadapi Pandemi Covid-19 yang saat ini melanda, baik itu dengan penyediaan peralatan dan juga insentif. Termasuk melalui kunjungan dan silaturahmi dengan petugas medis,” ujar Wakil Bupati Batang, Suyono saat memberikan dukungan moril bagi tenaga medis di puskesmas Bandar 1 dan 2 serta Batang 3, Kamis (25/6/2020).

Wabup Suyono menjelaskan, untuk saat ini kasus positif covid-19 di Kabupaten Batang masih cukup tinggi, dengan kasus positif kumulatif mencapai 54. Namun rasio kesembuhannya juga sagat baik, yaitu mencapai 90%.

“Tingginya angka kesembuhan tersebut juga berkat kerja keras dari teman-teman tenaga medis dan juga tim gugus tugas yang terdiri dari TNI, Polri, Pmi dll. Dan Allhamdulilah, kemarin sudah ditanda tangani untuk pencairan dana insentif bagi tenaga medis sebesar Rp. 6.2 milliar yang bulan ini sudah cair dan diterimakan bagi mereka yang berhak” beber Suyono.

Suyono menegaskan, memang besaran insentif yang diberikan oleh Pemda tersebut tidak sepadan jika dibandingkan dengan resiko yang bisa menimpa para tenaga medis. Mengingat selain resiko tertular virus, ada juga resiko lain yakni dari segi psikolog, dan sosial.

“Untuk itu, saya berharap para petugas medis jangan terlalu khawatir dengan kondisi ini sehingga tidak menguras tenaga dan pikiran yang bisa membuat kesehatan menurun. Yang terpenting tetap junjung tinggi protokol kesehatan, seperti memakai masker, APD, jaga jarak, jaga kebersihan serta rajin mensosialisasikan kepada masyarakat tentang perilaku hidup sehat,” harap Suyono.

Suyono menambahkan selain fokus pada upaya pencegahan dan penyembuhan virus Covid-19, sebagai pelayan kesehatan masyarakat, petugas medis juga harus tetap mengedepankan pelayanan warga yang datang berobat.

“Jangan panik, namun tetap waspada. Hal itu dapat dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan juga protap pelayanan medis dalam memberikan penanganan medis pada masyarakat. Dan jangan lupa, selalu sosialisasikan pada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan,” tandas Suyono. (don)