Ratusan Hektar Tambak Terdampak Rob

by

KENDAL – Ratusan hektar tambak di Kabupaten Kendal terdampak rob. Ratusan hektar tambak itu tersebar di lima kecamatan yakni Kaliwungu, Brangsong, Kendal, Patebon, dan Cepiring.

“Air pasang laut atau rob cukup tinggi tahun ini. Berdasarkan data yang dilansir oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ketiggian rob di Kendal mencapai 1,1 meter dari permukaan laut,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kendal, Sri Hardjito, Senin (22/6).

Lanjut Sri Hardjito, bahwa kondisi tersebut menyebabkan rob melimpas dan menerjang ratusan tambak di Kendal. “Tambak yang terdampak rob seluas 808 hektar dan tersebar di lima kecamatan,” ungkapnya.

Kondisi terparah ada di Kecamatan Kaliwungu yakni di Desa Wonorejo dan Desa Mororejo dengan luasan 300 hektar. Setelah itu di Kecamatan Kendal dengan 180 hektar yang tersebar di empat kelurahan yakni Karangsari, Bandengan, Banyutowo, dan Balok. Tambak lainnya yakni di Kecamatan Patebon di Desa Kartikajaya dan Wonosari seluas 178 hektar, Cepiring di Desa Juwiring, Korowelang Kulon, dan Margorejo 86 hektar dan di Kecamatan Brangsong 64 hektar yang ada di Desa Turunrejo dan Purwokerto.

“Tambak yang terdampak rob belum punya pengaman seperti meninggikan bibir tambak. Tambak itu untuk budidaya antara lain ikan bandeng, udang vaname, udang windu, dan ikan nila,” tandasnya.