Perdana, PPDB Online masih Bercita Rasa Offline

by

BATANG – Untuk pertama kalinya Disdikbud Batang menggelar Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online. PPDB perdana ini pun masih terasa laiknya PPDB Offline. Pasalnya, belum semua wali murid ataupun Calon Peserta Didik (CPD) memahami praktik tersebut. Banyak yang lebih memilih PPDB Online dengan cara mendaftar secara langsung ke sekolah.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kabid Dikdas Disdikbud Batang, Sabar Mulyono. Meski begitu, bagi yang terpaksa harus ke sekolah langsung tetap harus melaksanakannya dengan menerapkan protokol Covid-19.

“Memang ada yang melaksanakan PPDB online secara mandiri, tetapi kebanyakan PPDB Online serasa Offline. PPDB Online ini sebenarnya untuk meminimalisir banyaknya kerumunan di tengah pandemi Covid-19. Meski begitu memang belum bisa efektif karena masih banyak masyarakat yang belum bisa menggunakan sistem ini secara mandiri. Jadi masyarakat masih datang ke sekolah namun tetap menerapkan protokol kesehatan,” jelas Sabar, Senin (22/6/2020).

Dijelaskan, meski saat ini PPDB Online masih serasa Offline, ke depan ia berharap masyarakat bisa menyesuaikan diri. Pihaknya juga akan berusaha melakukan inovasi agar ke depannya masyarakat bisa terbiasa dengan sistem online. Selain itu, dengan sistem ini proses PPDB lebih transparan. Masyarakat pun bisa memantau proses maupun hasil secara langsung. “Salah satu sisi positif online ini kan bisa meminimalisir kecurangan,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu wali murid, Endang Lestari, mengaku memang belum terbiasa untuk melaksanakan pendaftaran secara online. Oleh karenanya, ia lebih memilih melaksanakan pendaftaran langsung ke sekolah.

“Milih langsung ke sekolah, karena secara pribadi saya juga kurang paham. Daripada bingung mending langsung ke sini, jadi kalau ada yang kurang paham bisa tanya langsung ke sekolahnya. Dan bisa sekalian survei langsung bagaimana kondisi sekolah,” jelasnya. (nov)