Rektor IPB : Rob Meluas Lebih Cepat dari Prediksi

by

KOTA – Rektor Institut Pertaian Bogor (IPB) Prof Dr Arif Satria SP MSi mengungkapkan bahwa rob yang terjadi di wilayah Pekalongan meluas lebih cepat dibandingkan hasil prediksi maupun perhitungan yang sempat disusunnya pada 2010 lalu. Saat itu, dia bersama tim membuat perhitungan dan memprediksi bahwa rob akan sampai ke Sungai Loji dan meluap ke daerah sekitar pada 30 tahun ke depan sejak prediksi itu disusun.

“Tapi ternyata prediksi kami salah. Rob meluas lebih cepat. Belum ada 20 tahun rob sudah menyentuh daerah sekitar Sungai Loji yaitu di Kampung Arab (Jalan Surabaya dan Jalan Semarang) yang tiap hari selalu tergenang,” ungkap Prof Arif Satria dalam workshop online ‘Rembug Warga’ dengan tema ‘Road Map Penanganan Rob Pekalongan Pasca Pembangunan Tanggul’, Kamis (18/6/2020).

Dia melanjutkan, dalam prediksi tersebut juga diperhitungkan bahwa dalam 100 tahun ke depan rob akan mencapai jarak 2,5 kilometer dari bibir pantai ke selatan. Tapi sekali lagi, dikatakan Prof Arif prediksi tersebut salah. Nyatanya saat ini rob di Kota Pekalongan sudah menyentuh jarak sekitar 4 kilometer. Jika tidak ada upaya apapun, maka rob akan makin meluas.