Porwil Dulongmas 2020 Resmi Diundur

by
RAPAT KOORDINASI – Pengurus KONI Kota Pekalongan saat menggelar rapat koordinasi membahas terkait penundaan pelaksanaan Porwil Dulongmas 2020.

KOTA – Penyelenggaraan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Dulongmas tahun 2020 yang sedianya akan digelar di Kota Pekalongan pada November ini, resmi diundur. Pengunduran jadwal Porwil Dulongmas 2020, secara resmi disampaikan KONI Kota Pekalongan melalui surat yang ditujukan untuk ketua KONI kabupaten/kota se wilayah Dulongmas.

Dalam surat tersebut, disampaikan bahwa pengunduran jadwal Porwil Dulongmas 2020 disebabkan adanya Pandemi Covid-19. Kondisi itu membuat sebagian besar anggaran KONI di kabupaten/kota se wilayah Dulongmas yang sebelumnya sudah dialokasikan, dialihkan untuk penanganan Covid-19 di kabupaten/kota masing-masing.

Ketua KONI Kota Pekalongan, Mochammad C Maretan saat dikonfirmasi membenarkan terkait adanya keputusan untuk pengunduran jadwal Porwil Dulongmas 2020 di Kota Pekalongan. Maretan menjelaskan, keputusan tersebut sebelumnya sudah dirapatkan secara internal oleh pengurus KONI Kota Pekalongan dan dikonsultasikan dengan KONI Provinsi Jawa Tengah.

“Sebelumnya pengurus KONI Kota Pekalongan sudah melakukan rapat internal dan didapat kesepakatan bahwa Dulongmas terpaksa ditunda. Keputusan itu kemudian kami konsultasikan ke KONI Provinsi Jawa Tengah dan mendapatkan persetujuan,” jelas Maretan.

Dia mengaku, keputusan tersebut merupakan keputusan yang berat namun harus diambil mengingat hampir semua KONI kabupaten/kota sudah tidak memungkinkan lagi mengikuti Dulongmas karena anggaran yang dipangkas. Termasuk KONI Kota Pekalongan yang akan bertindak sebagai tuan rumah. “Sehingga dengan kondisi ini kami melihat tidak memungkinkan memaksa menggelar Dulongmas sesuai jadwal yang sudah ditetapkan di awal,” tambahnya.

Mengenai waktu pengunduran, dia menyatakan bahwa waktu pengganti belum diputuskan. Pihaknya mengaku harus terlebih dahulu melihat perkembangan kondisi dan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia. Juga terkait dengan agenda-agenda olahraga lain yang juga diundur sehingga jangan sampai terjadi jadwal yang bersinggungan.

“Untuk jadwal pengganti akan kami rapatkan selanjutnya setelah situasi dan kondisi membaik. Tentu penundaan ini berat bagi kami, bagi KONI daerah lain dan juga bagi atlet. Mengingat kita sebagai tuan rumah sudah mempersiapkan penyelenggaraan Dulongmas secara maraton. Juga bagi KONI daerah lain yang pasti melakukan persiapan serupa. Atlet juga sejauh ini sudah mempersiapkan diri di tengah keterbatasan tapi bagaimanapun ini yang terbaik. Semoga kondisi di Indonesia dapat semakin membaik dan kita bisa kembali bertemu dalam event-event olahraga khususnya Porwil Dulongmas,” harapnya.(nul)