WHO Ungkap Alasan Ilmiah Mengapa Wajib Pakai Masker Kain 3 Lapis

by
Ilustrasi masker (Pop Sugar/jawapos)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperbarui pedoman mereka bagi masyarakat untuk wajib memakai masker di ruang publik. Bukan sekadar masker kain, masyarakat umum diminta untuk memakai masker kain 3 lapis.

Penggunaan masker membantu mencegah penyebaran Covid-19, terutama dalam pengaturan jarak di fisik. CNN melaporkan bahwa rekomendasi yang diperbarui ini adalah perubahan dari saran sebelumnya. Orang berusia 60 tahun ke atas, atau mereka yang memiliki kondisi kesehatan mendasar juga disarankan untuk memakai masker medis.

Lalu mengapa harus 3 lapis? Menurut Science Alert, pedoman WHO yang direvisi merekomendasikan bahwa jenis masker kain yang efektif harus memiliki tiga lapisan. Pertama, lapisan dalam yang menyerap, kemudian lapisan tengah yang akan bertindak sebagai filter, dan lapisan luar yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap seperti poliester.

Dilansir dari Science Times, Rabu (10/6), seorang ahli epidemiologi dan teknis WHO pada Covid-19, Maria D. Van Kerkhove mengatakan bahwa lapisan-lapisan dalam urutan itu dapat memberikan penghalang mekanistik. Dia menekankan bahwa ini didasarkan pada penelitian baru oleh WHO.

“Apa yang kami coba lakukan dengan pedoman yang kami keluarkan adalah untuk memberikan beberapa parameter. Jika Anda akan menggunakan masker kain, berikut adalah kain terbaik yang dapat Anda gunakan berdasarkan bukti yang kami miliki,” kata Van Kerkhove.

Sementara itu, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa masker kain harus secara teratur dibersihkan dan dikenakan dengan benar. Sebab tangan yang terkontaminasi dapat menginfeksi seseorang sambil merapikan masker mereka atau saat sering menyentuhnya.

Meski masker bisa melindungi, namun bukan satu-satunya solusi. Tetap utamakan kebersihan tangan, dan tindakan kesehatan lainnya. Tindakan pencegahan itu hanya merupakan bagian dari pendekatan komprehensif dalam memerangi virus, tetapi landasan di setiap negara tetap harus menemukan, mengisolasi, menguji, dan merawat setiap kasus. (jawapos)