Pengumuman Via Laman Sekolah

by
Sumarwati

Pengumuman kelulusan sekolah tingkat SMP sederajat di Kabupaten Pekalongan akan dilaksanakan serentak pada hari Jumat (4/6/2020) besok. Pengumuman dilakukan melalui laman masing-masing sekolah, sehingga anak dan orangtua dilarang datang ke sekolahan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Sumarwati, Rabu (3/6/2020). Dikatakan, edukasi dan sosialisasi terkait pengumuman kelulusan sudah dilakukan ke sekolah. Meski demikian, Dinas Pendidikan juga tetap mengeluarkan Surat Edaran Nomor 420.1/0946/2020 tentang Imbauan Pelaksanaan Pengumuman Kelulusan.

“Kami sudah melakukan edukasi dan sosialisasi jika pengumuman kelulusan melalui laman sekolah masing-masing. Sehingga anak tidak datang ke sekolah,” ujar Sumarwati.

Ia mengimbau anak-anak tidak boleh ke sekolah, termasuk orangtua mereka. “Kita sudah sosialisasi tapi edaran tetap kita buat. Anak-anak tidak boleh datang ke sekolah. Pengumuman melalui laman sekolah. Semua sekolah Alhamdulillah sudah ada websitenya semua,” ujar dia.

Disebutkan, jumlah sekolah SMP negeri ada 63 dengan jumlah siswa 7.814, jumlah SMP swasta ada 20 dengan jumlah siswa ada 1.843 anak, ada dua MTs negeri dengan jumlah anak 439, dan ada 32 MTs swasta dengan jumlah siswa 2.904 anak.

Disinggung proses penentuan kelulusan, Sumarwati mengatakan, penentuan kelulusan sesuai dengan SE Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 memakai nilai rapor semester 1 hingga 5. (had)