Puluhan Warga di Jalan Terjaring Razia

by

**Karena Tak Memakai Masker

TERJARING – Puluhan warga tak menggunakan masker yang melintas di jalan raya Weleri terjaring razia Kesbangpol Kendal bersama Forkopimcam Weleri.

KENDAL – Puluhan warga yang tengah melintas di Jalan Raya Weleri terjaring razia karena tak pakai masker, Selasa (2/6/2020). Mereka langsung diarahkan masuk ke halaman Kantor Kecamatan Weleri.

Razia tersebut dilakukan oleh Kesbangpol Kendal bersama Forkopimcam Weleri. Razia dilakukan di jalan raya depan Kantor Kecamatan Weleri dibantu anggota Polsek, Koramil, Satpol PP dan Linmas.

Mereka yang terjaring razia seperti pengguna sepeda motor, becak maupun sepeda onthel. Mereka diperingatkan dan diberi pengertian tentang pentingnya menggunakan masker. Petugas juga memberikan masker bagi pengguna jalan yang tidak menggunakan masker.

Camat Weleri, Nur Kholis, mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali melakukan kegiatan sosialisasi dan bagi-bagi masker, baik di lingkungan pasar, kantor-kantor dan langsung ke masyarakat. Kegiatan razia masker kali ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat betapa bahayanya covid-19 terhadap dirinya dan orang lain.

“Kami berharap, operasi yang dilakukan bersama Kapolsek, Danramil dan Kesbangpol ini, maka masyarakat semakin sadar betapa bahayanya covid-19, sehingga mereka selalu menjaga diri, keluarga dan masyarakat,” harapnya.

Dikatakan, terkait dengan penerapan new normal di masyarakat, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Forkopimcam, para kepala desa dan tokoh-tokoh masyarakat. Pada rapat koordinasi nanti, tidak hanya membicarakan tentang pelayanan masyarakat di desa, tetapi juga membahas tentang persiapan pelaksanaan ibadah di masjid-masjid dan tempat ibadah lainnya.

“Untuk penerapan new normal nanti akan dibahas kembali pekan depan,” ungkapnya.

Hal senada dikatakan Kasi Kebangsaan dan Kewaspadaan Kesbangpol Kendal, Puji Sumaryono. Kata dia, kegiatan ini sebagai persiapan menuju new normal, yaitu menggalakkan perekonomian kembali, tetapi tetap mengacu pada protap kesehatan, yaitu harus memakai masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan. Oleh karena itu pada razia ini tidak hanya membagikan masker, tetapi juga melakukan edukasi kepada masyarakat.

“Kegiatan kali ini tidak hanya bagi-bagi masker, tetapi juga edukasi pentingnya menggunakan masker, sehingga mereka juga ikut menyampaikan atau menyosialisasikan kepada masyarakat sekitarnya,” tukasnya. (lid)