Masuk Unikal Bisa Lewat Online

by
JELAS – Para pemateri sedang menjelaskan mengenai materi yang dibawakan oleh masing-masing.

KOTA – Universitas Pekalongan (Unikal) menggelar live streaming YouTube di Chanel Unikal, live streaming tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada calon mahasiswa bahwa mendaftar di Unikal bisa melalui online, Selasa (19/5/2020).

Ketua Penerima Mahasiswa Baru (PMB) Unikal juga berperan dalam mengisi salah satu materi streaming, Dr Pradnya Permanasari M Pd, menyampaikan bahwa kegiatan memberikan informasi kepada calon mahasiswa mengenai penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021 dimana dapat diakses secara online dengan mengakses pmb.unikal.ac.id.

Selain itu, memberikan pengetahuan tentang apa saja jalur masuk ke Unikal, seperti jalur prestasi menggunakan nilai rapor (Bebas Test), jalur beasiswa : Hafidz Quran 30 Juz/ Yatim Berprestasi, jalur tes tertulis dan jalur influencer youtube.

“Kita angkat tema dari live streaming ini adalah kompetensi pelajar sebagai agent of change di era digital. Jadi tidak hanya sekedar mengenalkan Unikal namun juga memberikan informasi dan wawasan mengenai kompetensi yang harus mereka dan sudah mereka miliki di era digital ini,” ungkap Pradnya.

Sehingga dari pengenalan kompetensi diri, Unikal siap membimbing dan mendampingi para calon mahasiswa untuk menemukan kesuksesan di masa depan.

Tidak hanya kompetensi yang bersifat personal, pada live streaming Unikal kali ini juga menjelaskan tentang peran pelajar sebagai agent of change di masa pandemi. Materi tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua PMB Unikal Eko Budi Prasetyo S FT M Or.

“Pelajar itu unik ya, mereka pasti punya nilai tersendiri baik di keluarga maupun masyarakat. Jadi sudah pasti dalam memberikan perubahan banyak yang akan mendengarkan, misalnya memberikan tindakan preventif seperti himbauan untuk berperilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan keluarga. Kita juga dapat melakukan kegiatan yang positif saat dirumah seperti berolah raga, ataupun berkebun di rumah,” terang Eko.

Disamping itu, Koordinator pendaftaran PMB Unikal Ari Muhardono S Kom M Kom menjelaskan mengenai bidang teknologi di era Digital. Perkembangan teknologi yang berkembang pesat seperti system informasi akademik dan system daring. Unikal terus berupaya dalam memenuhi kebutuhan pembelajaran, Universitas Pekalongan juga telah melakukan pembelajaran daring guna memudahkan dalam pembelajaran.

Unikal juga memberikan fasilitas untuk menujang pembelajaran dengan menggunakan system-system yang sudah digunakan di Universitas Pekalongan.

Dan dari sisi Psikologi calon mahasiswa baru, dikupas tuntas oleh Aji Cokro M Psi Psikolog. Ia menjelaskan mengenai persiapan apa saja untuk menghadapi masa yang akan datang serta harus bisa beradaptasi dengan perubahan yang akan datang. (mal)