24 Bidan dan Perawat Rumah Sakit Hasil Rapid Tesnya Positif

by

*3 Diantaranya Swab Testnya Positif

Bupati Batang didampingi Kepala Dinas Kesehatan saat memberikan keterangan kepada awak media.

BATANG – Sebanyak 24 tenaga medis disalah satu rumah sakit yang ada di Batang, hasil Rapid Tesnya positif Covid-19. Dari jumlan tersebut, selanjutnya dilakukan Swab Test dan 11 orang sudah keluar hasilnya.

“Hasil Swab Test yang sudah kita terima baru 10 orang. Hasilnya, 3 orang dinyatakan positif dan 7 diantaranya negatif,” ungkap Bupati Batang, Wihaji di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Rabu (6/5/2020).

Dijelaskan, 24 tenaga medis yang menjalani Rapid Test positif tersebut sebelumnya merupakan hasil tracking adanya dokter yang positif Covid-19. Hingga tadi malah, baru 10 orang yang hasil Swab Testnya sudah keluar, sedangkan 14 lainnya hingga kini belum keluar.

“Tenaga medis yang Rapid Testnya positif itu terdiri dari perawat dan juga bidan. Dan mereka termasuk Orang Tanpa Gejala(OTG), karena kondisinya saat ini sehat seluruhnya. Tiga orang itu berasal dari Kecamatan Banyuputih, Kandeman dan Bawang,” jelas Wihaji didampingi Kepala Dinas Kesejatan Batang, Mukhlasin.

Wihaji menegaskan, untuk saat ini tenaga medis yang positif hasil Rapid Tes maupun Swab Testnya saat ini menjalani karantina di salah satu rumah sakit. “Untuk tenaga medis yang hasil Swab Testnya negatif, hingga saat ini belum kita izinkan untuk keluar dari tempat karantina, karena akan kita lakukan Swab Test lagi. Sedangkan yang hasil Swab Testnya belum keluar, kita harapkan untuk tetap bersabar menunggu hasil tesnya keluar,” bebernya.

Dengan terus bertambahnya jumlah warga yang positif Covid-19, Bupati Wihaji meminta masyarakat agar benar-benar mematuhi apa yang sudah diinstruksikan oleh pemerintah. Mengingat jika jumlah pasien positif terus meningkat, maka daya tampung ramah sakit tidak akan mampu lagi, dan harus dibawa ke luar daerah.

“Tolong jangan sepelekan himbauan ataupun ketentuan yang ditetapkan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Corona, jangan sampai di Batang ini jumlan yang positif terus meningkat,” tandas Wihaji. (don)

Simak videonya :