Edukasi Masyarakat, Unikal Gelar Talkshow Pandemi Covid 19

by
BERI – Para narasumber sedang memberikan penjelasan mengenai topik secara bergantian.

KOTA – Universitas Pekalongan (Unikal) menggelar talkshow yang dilaksanakan dengan Live Streaming di Channel Youtube Unikal, Selasa (5/5/2020).

Disampaikan Rektor Unikal Suryani SH MHum menyampaikan, bahwa tujuan dari diselenggarakannya talkshow yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai dampak dari covid -19 dan memberikan solusi dari pandemi covid-19 dalam prespektif pendidikan, hukum, ekonomi dan psikologi.

Talkshow yang diselenggarakan di studio 3 Unikal ini mendatangkan berbagai narasumber yang berkompeten di bidang masing-masing, yaitu Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Suryani SH MHum(Rektor Universitas Pekalongan), Dr Pradnya Permanasari SPd MPd (Ketua PMB Universitas Pekalongan), Arum Ardianingsih SE MAcc Ak CA (Kepala UBKK Universitas Pekalongan), Aji Cokro Dewanto MPsi Psikolog (anggota divisi edukasi dan pelatihan international office) dan moderator M.Haryanto S PdM Hum.



“Untuk saya sendiri, saya menjelaskan dampak Covid 19 ini dalam perspektif hukum. Bahwa saat ini kehadiran negara sangat diperlukan untuk menyelamatkan warga negara, ada beberpaa undang-undang dan peraturan pemerintah yang membahas tentang ini, misalnya peraturan Pemerintah 21 tahun 2020 tentang pembatasan social berskala besar dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. Kemudian ada undang undang no 4 tahun 1984 mengenai wabah penyakit menular, Undang–undang 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana dan Undang undang no 6 tahun 2018 tentang karantina kesehatan. Oleh karena itu Negara harus hadir bukan hanya dalam ranah menerbitkan peraturan, namun bagaimana ranah implikasi dan penerapanya dalam masyarakat,” ungkap Suryani.

Sementara itu, untuk Dr Pradnya Permanasari, SPd MPd menjelaskan mengenai prespektif Pendidikan. Peraturan dan kebijakan dari pemerintah mengenai pembelajaran dirumah. Peran orang tua sangatlah penting dalam pembelajaran dirumah.

“Saat ini transformasi besar-besaran terjadi dalam bidang pendidikan agama, pendidikan orang tua, dan pendidikan formal dan fungsi keluarga sangat penting dalam menjalankan pembelajaran dirumah,”terang Pradnya.

Ditambahkan, dampak dan solusi dalam menghadapi pandemic covid-19 dalam prespektif Ekonomi dijelaskan oleh Arum Ardianingsih SE M Acc Ak CA, menyampaikan banyak aspek yang perlu didiskusikan dalam menghadapi pandemic dalam prespektif ekonomi. Salah satunya menggunakan sarana digital. Dimana dapat melakukan relaksasi kredit diberikan kepada UMKM agar dapat produktif dan menggaji karyawan. Dimana relaksasi dapat dilakukan bukan hanya dalam relaksasi kredit namun dapat dilakukan relaksasi pajak. Dan kebijakan bantuan langsung tunai untuk meminimalisir dampak dari pandemic.

Terakhir dalam sudut pandang psikologis, Aji Cokro Dewanto M Psi Psikolog menyampaikan prespektif sosial dimana semua kebiasaan berubah dan muncul ketidak pastian. Dalam masyakarat muncul perilaku spontan yang digunakan untuk mengembalikan kebiasaan. Dengan adanya perubahan seperti ini, ketika adanya instruksi dari Pemerintah yang tidak sesuai dengan kondisi masyarakat, maka yang diperlukan saat ini adalah kreatifitas dimana setiap orang mampu beradaptasi untuk tetap bertahan dalam kondisi saat ini.(mal)