50% Warga Kota Batang Belum Pakai Masker

by

**Polisi Gencarkan Operasi

OPERASI – Jajaran Polres Batang menggelar operasi masker di ruas jalan protokol Kecamatan Batang.

BATANG – Melihat masih banyak warga Kabupaten Batang yang belum menggunakan masker saat keluar rumah, Kepolisian Resor Batang kini gencar menggelar operasi masker di sejumlah ruas jalan protokol Kecamatan Batang. Terlebih, dari data operasi diketahui jika sekitar 50% warga Kota Batang masih belum menggunakan masker saat keluar rumah.

“Kami sudah mulai rutin melakukan operasi masker bersama Tim Gugus Tugas. Kalau ada pengendara tidak memakai masker, maka kami suruh untuk pulang ke rumah,” ujar Kapolres Batang, AKBP Abdul Waras, didampingi Kabag Ops Polres Batang, AKP Asfauri, Selasa (5/5/20).

Ia mengatakan, bahwa pihaknya masih banyak menemukan warga yang kurang sadar tentang bahaya penyebaran Covid-19. Hal itu terlihat dalam gelaran operasi kontinjensi Aman Nusa II 2020 kemarin, di mana sekitar 50 persen warga Kecamatan Batang masih bandel tidak menggunakan masker.

Oleh karenanya, Ia mengimbau agar masyarakat mengikuti instruksi dari pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19. Antara lain dengan memakai masker, jaga jarak, tetap di rumah. “Kami saja yang di luar, warga tetap di rumah saja,” katanya.

Ditambahkan dia, selain menggelar operasi terkait Covid-19, jajaran Polres Batang juga sekaligus menggelar Operasi Ketupat Candi 2020. Pihaknya mengerahkan 200 personel untuk Operasi Ketupat Candi.

Sementara itu, Bupati Batang Wihaji meminta kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk tegas kepada para pengendara yang tidak mengenakan masker saat keluar rumah.

“Saya minta sekarang Tim Gugus Tugas tingkat desa harus tegas, warga yang keluar rumah tidak menggunakan masker suruh pulang. Kalau tidak, Tim Gugus Tugas kasih masker kepada warga itu,” pinta Wihaji.

Menurut Bupati Wihaji, langkah tegas itu dilakukan sebagai upaya antisipasi agar memutus mata rantai pandemi virus corona. Sebab, kasus positif Covid-19 di Batang terus bertambah. (fel)