Tenang, BLT akan Dibagikan Mulai Minggu Depan

by
Bupati Wihaji saat menerima bantuan masker dari Ketua Pendiri PPRT.

BATANG – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang akan diberikan pada warga terdampak Pandemi Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Batang, direncanakan akan dibagikan pada Minggu depan.

“Untuk data calon penerima BLT saat ini sedang kita verifikasi, dan Minggu depan akan dibagikan ke warga yang berhak menerimanya,” ujar Bupati Batang, disela-sela menerima bantuan masker dari Paguyuban Pengurus Rukun Tetangga (PPRT), di posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Senin (4/5/2020).

Bupati Wihaji menjelaskan, data penerima BLT merupakan usulan dari komponen pemerintahan terkecil yakni Rukun Tetangga (RT). Ketua RT juga sebagai garda terdepan penanganan Covid-19, dan yang mengetahui suasana kebatinan warganya yang terdampak.

“Karena itulah, saya herharap agar Ketua RT bisa ikut menjaga bersama untuk mencegah penyebaran virus Corona. Mengingat pintu keluar masuknya orang ada di RT, maka harus diawasi siapa saja yang pulang mudik dan segera dilaporkan ke posko Gugus tigas agar dicek kesehatan dan dikarantina.

“Tolong RT bisa tengok kanan kiri tetangganya, kalau ada warganya ndak bisa makan tolong. Kalau ndak bisa, lapor ke Gugus Tugas, pasti kita bantu ,” pinta Wihaji.

Sementara itu, Ketua Badan Pendiri PPRT KH. Zaenal Mutaqim mengatakan, para pengurus RT sudah melaksanakan tugas untuk mengusulkan data siapa saja yang berhak mendaptkan BLT.

“Saya selaku pendiri PPRT sudah wanti – wanti agar benar – benar selektif mendata warga terdampak yang berhak menetimanya,” ungkap Zaenal Mutaqim.

Untuk mencegah penyebaran virus Corona sendiri, PPRT menyerahkan bantuan masker sebanyak 1.150 lembar yang diterima langsung oleh Bupati Batang Wihaji.

Bantuan tersebut rencananya akan didistribusikan anggota PPRT di 4 Kecamatan yang masuk zona merah, yakni Kecamatan Batang, Kandeman, Tulis, dan Limpung.

“Semoga bantuan masker ini bisa membantu mencegah penyebaran virus Corona di Kabupaten Batang,” tandas Zainal Mutaqim. (don)