Ringankan Beban Warga, Beras Hingga Lauk Dibagikan

by

*550 Paket Sembako dan 2 Ribu Ekor Bandeng

SERAHKAN SEMBAKO – Bupati Wihaji, Kapolres AKBP Abdul Waras dan Dandim Letkol Kav Henry RJ Napitupulu menyerahkan paket sembako ke Casmuah, janda sebatang kara di Dukuh Petodanan Utara Kelurahan proyonanggan Tengah. Di tempat berbeda juga diserahkan ikan bandeng hasil demplot perikanan Kodim Batang.

BATANG – Unsur TNI, Polri dan Pemkab Batang menunjukkan sinergi yang solid dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Seperti saat membagikan 550 paket sembako dan 2 ribu ekor ikan bandeng kepada warga kurang mampu dan terdampak pandemi Covid-19. Aksi dilakukan door-to-door, menyasar warga di Dukuh Petodanan Utara Kelurahan Proyonanggan Tengah, dan Kelurahan Kesepuhan.

Bupati Batang, Wihaji yang ikut serta dalam kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Polres Batang yang telah menginisiasi pembagian paket sembako dan Kodim 0736/Batang yang telah menginisiasi pembagian Ikan Bandeng.

“Kapolres Batang bagi-bagi berasnya, sedang Dandim 0736/Batang bagi bagi lauknya (Ikan Bandeng -red). Saya selaku kepala daerah hanya menyertai dan ikut membantu membagikan kepada warga terdampak pandemi Covid-19 saja,” ungkap Wihaji, baru-baru ini.

Menurutnya, pandemi Covid-19 merupakan bencana nasional bahkan dunia. Oleh karenanya, masyarakat diminta bersabar, karena hampir semua aspek perekonomian terkena dampaknya.

“Saya minta warga saling tolong menolong, kalau tetangganya sudah tidak bisa ngasih bantuan, segera lapor ke Gugus Tugas. Nanti dari TNI, Polri dan Pemkab Batang akan turun langsung membantu,” ujarnya.

Ia juga berharap masyarakat untuk tetap mengikuti arahan dari pemerintah untuk tetap di rumah, jaga kesehatan, gunakan masker, dan jaga jarak saat berinteraksi dengan siapapun.

“Ini demi kebersamaan, agar tidak terinfeksi virus corona, karena perkembangan kasus virus tersebut di Batang mengalami peningkatan,” jelasnya.

Kapolres Batang, AKBP Abdul Waras menyampaikan, bahwa pembagian paket sembako yang dilakukan secara serentak itu sesuai dengan intruksi Kapolri, dengan harapan bisa bermanfaat untuk meringankan beban warga terdampak pandemi virus corona.

“Kita bagikan 550 paket sembako dengan sasaran warga kurang mampu, dan warga terdampak secara langsung, seperti yang terkena PHK,” terangnya.

Dijelaskan pula, bahwa tingkat kriminalitas sedikit mengalamin peningkatan. Untuk itu, ia mengajak seluruh masyarakat agar bersama – sama saling mengingatkan kesabaran. Sebab, semua perekonomian saat ini terkena dampaknya.

“PR untuk jajaran TNI dan Polri saat ini adalah, untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, yang tentunya harus didukung semua komponen masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Dandim 0736/Batang, Letkol Kav Henry RJ Napitupulu menjelaskan, bantuan ikan bandeng tersebut merupakan hasil demplot ikan, program ketahanan pangan perikanan Kodim Batang.

“Kita punya demplot ikan yang hari ini panen 2.000 bandeng. Selanjutnya kita bagikan kepada 200 Kepala Keluarga, sehingga setiap KK mendapatkan 10 ekor ikan,” jelasnya.

Ditambahkan Dandim, bahwa bantuan ikan bandeng itu sebagai bentuk kepedulian TNI kepada warga Kabupaten Batang untuk meringankan beban hidup karena terdampak Covid-19. (fel)