Wakil Ketua MPR RI Sumbang 5.1000 Paket Sembako

by

*Disalurkan di Dapil X
*Hasil Donasi dari Gaji dan Tunjangan

SIMBOLIS – Staf Khusus Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani, Zaky Mahendra menyerahkan bantuan paket sembako kepada Ketua DPC PPP Kota Pekalongan, Abdul Rozak yang didampingi jajarna pengurus lainnya, Senin (20/4/2020).

KOTA – Wakil Ketua MPR RI yang juga anggota DPR RI Fraksi PPP dari Dapil X, Arsul Sani, menyumbangkan gaji dan tunjangannya selama empat bulan untuk turut membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Sumbangan tersebut diwujudkan dalam bentuk bantuan paket sembako sebanyak 5.100 paket yang dibagi ke kabupaten kota yang ada di Dapil X yakni Kabupaten Pekalongan, Pemalang, Batang dan Kota Pekalongan. Penyaluran bantuan sembako kepada masyarakat, didelegasikan kepada DPC PPP di tiap kabupaten kota.

Bantuan paket sembako untuk wilayah Kota Pekalongan, diserahkan secara simbolis oleh Staf Khusus Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani, Zaky Mahendra kepada DPC PPP setempat, Senin (20/4/2020) malam. Bantuan diterima oleh Ketua DPC PPP, Abdul Rozak bersama jajaran pengurus DPC PPP lainnya.

Zaky menjelaskan, bahwa gaji dan tunjangan anggota DPR-RI plus tunjangan sebagai Wakil Ketua MPR RI sebulan bernilai sekitar 1.300-an paket sembako dengan harga Rp50.000 sampai Rp55.000 per paket. Karenanya untuk pembagian 5.100 paket sembako tersebut, Arsul Sani mendonasikan 4 bulan gaji dan tunjangannya.

Dia menambahkan, kepedulian Wakil Ketua MPR RI telah dimulai sejak awal Pandemi Covid-19 pada Maret lalu ketika RSUD Kraton Pekalongan mulai menangani pasien wabah Covid-19. Arsul Sani mendonasikan honorarium yang dikumpulkannya sebagai narasumber di berbagai televisi dan diserahkan kepada tim dokter dan medis RSUD Kraton yang pada saat itu mengalami kekurangan perlengkapan APD.

Di luar pembagian sembako untuk Dapil Jateng X, menurut Zaky, para anggota F-PPP DPR RI, termasuk Arsul Sani, juga menyumbang 500 set APD lengkap standar medis kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk dibagikan kepada para dokter dan tenaga medis yang bertugas di daerah zona merah wabah Covid-19.

Selain itu, pada awal April 2020 ini, Arsul Sani juga mengirimkan paket sembako ke tujuh titik penampungan TKI yang berada di Johor, Selangor dan Sabah – Malaysia untuk membantu meringankan beban ekonomi para TKI yang menghadapi kebijakan karantina wilayah (lockdown) oleh Pemerintah Malaysia.

Terpisah, Arsul Sani saat dihubungi menjelaskan bahwa DPP PPP telah memerintahkan agar para anggota DPR RI dan juga DPRD Provinsi maupun Kabupaten dan Kota untuk menyumbangkan gaji dan tunjangannya bagi kegiatan penanggulangan wabah Covid-19 serta membantu warga masyarakat yang terdampak sekali dengan adanya wabah ini.

“Partai, terutama lewat kepanjangan tangannya di DPR RI dan seluruh DPRD, harus hadir ditengah masyarakat walau kemampuannya terbatas dalam musibah seperti wabah Covid-19 ini,” katanya. Ia mengiyakan ketika dikonfirmasi soal seluruh gaji dan tunjangan selama 4 bulan tersebut disumbangkan untuk paket sembako di Dapilnya. “Itu diurus oleh staf khusus saya bersama temen-temen DPC se-Dapil Jateng X. Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang membutuhkan,” tandasnya.

Ketua DPC PPP Kota Pekalongan, Abdul Rozak mengatakan bahwa paket sembako tersebut akan dibagikan kepada pengurus DPC dan masyarakat yang membutuhkan. Pihaknya akan membuat daftar penerima bantuan agar tepat sasaran. “Kondisi saat ini ekonomi masyarakat terpuruk maka kami coba berbagi kepada mereka. Walaupun hanya bingkisan sembako, kami harapkan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan,” harapnya.(nul)