Di PHK, Mantan Karyawan Furniture Jualan Mie Ayam Mentah Siap Saji

by

*Akibat Perusahaan terdampak Covid-19

BANGKIT – Diputus PHK, mantan karyawan furniture ini, Muhamad Khoirul Daru mampu bangkit dengan membuat usaha inovatif berjualan mie ayam mentah skiap saji yang dijualnya via media sosial.

KENDAL – Di putus hubungan kerja (PHK) dari perusahaan furniture tempatnya bekerja ditengah wabah covid-19, tak membuat mantan karyawan ini lantas patah semangat untuk berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Dengan dibantu istrinya, mantan karyawan ini membuat usaha baru dengan menjual mie ayam mentah siap saji dengan sistem pemasaran melalui media sosial. Dengan modal awal sebesar Rp150 ribu, usaha rintisanya tersebut mampu meraup keutungan hingga sebesar Rp500 ribu per harinya.

Adalah Muhamad Khoirul Daru (17) warga Gang Cempedak 2 Kelurahan Kebondalem, Kota Kendal, mantan karyawan yang tak mau terpuruk dengan kondisi yang menimpahnya tersebut. Mie ayam mentah siap saji yang dijualnya itu dikemas dalam sebuah mika. Isinya anatar lain sayuran, minyak dan ayam yang sudah dibumbuinya.

“Belajar membuat mie ayam ini dari kakak yang berjualan mie ayam bakso. Bahan mie kritinya juga dipasok kakak. Membuat mie ayam mentah siap saji ini dibantu oleh istri,” kata Muhammad Khoirul Daru, saat ditemui dikediamannya, Senin (20/4).

Khoirul mengungkapkan, pemasaran mie ayam mentah siap saji ini melalui media sosial, hal itu dilakukan karena dirinya tak mempunyai tempat untuk berjualan. Oleh karenanya berjualan barang daganganya yang dibuatnya secara inovatif itu hanya mengandalkan pesanan melalui media sosial. Mie ayam mentah siap saji yang sudah dikemasnya itu diantar ke pemesannya setiap hari.

“Pasarkan mie ayam ini gunakan facebook dan grup whatsap. Peminatnya cukup banyak. Saya biasanya mengantarkan ke pemesan yang tidak jauh dari rumah saja,” ungkapnya.

Kholirul menjelaskan, satu bungkus mie ayam mentah siap saji yang tinggal direbus ini dijualnya dengan harga Rp5.000 satu porsi. Mie ayam inovasinya mampu bertahan selama dua hari di dalam lemari es. Dalam sehari ia mendapat pesanan 100 bungkus mie ayam mentah dan bisa mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Wabah pandemi covid 19 ini banyak orang yang lebih memnilih berada di rumah sehingga kondisi ini dimanfaatkannya dengan berjualan makanan siap antar ke pembelinya.

“Wabah covid ini banyak warga yang enggan keluar rumah. Saya berjualan mie ayaam mentah siap saji lewat medsos dan siap antar ini,” tandasnya. (lid)