Mahasiswa Miliki Seribu Reseller

by
Moh Abdul Ghoni
Moh Abdul Ghoni Owner Batik Kampus
Moh Abdul Ghoni
Moh Abdul Ghoni
Owner Batik Kampus

Mahasiswa yang menjadi pengusaha batik di Kota Pekalongan ini memiliki reseller sebanyak seribu orang yang tersebar di penjuru Jawa. Moh Abdul Ghoni memasarkan batiknya 75% di Pekalongan, sisanya ke luar kota.

Meskipun seorang mahasiswa, ia tekun dalama bisnisnya dan yang terpenting adalah fokus. Lima tahun ini ia mulai bisnisnya dengan mencari langganan di pasar, ia tawarkan produknya dari toko ke toko. Kegigihannya membuahkan hasil, saat ini ia memiliki seribu reselller yang setiap harinya ia ajak komunikasi untuk melebarkan sayap penjualan batiknya.

Selain produksi sendiri ia juga menjual produk rekannya. Ini ia lakukan agar batik yang ia sediakan beraneka ragam. Batiknya ini ia beri nama Batik Kampus. Ini sudah berjalan selama lima tahun.

Pada awalnya, mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Pekalongan ini memfokuskan sasaran konsumennya di kalangan mahasiswa. Ternyata konsumennya mampu merambah ke khalayak umum. Saat ini yang dijual oleh Ghoni yakni aneka baju batik seperti kemeja, dress, sarimbit, dan banyak lagi.

Lelaki asal Jenggot ini memperluas pemasarannya dengan memanfaatkan teknologi. Ia jual online batik, dari situ ia pantau perkembangan usahanya.

Saat ini ia juga sedang fokus menyelesaikan studinya. “Kesuksesan usaha tak boleh membuat saya lupa dengan kuliah, saya ingin segera lulus, mohon doanya,” pungkasnya. (mg4)

Penulis: Lailatul Mafiyah & Redaktur: Dalal Muslimin