Komisi C Sepakat Anggaran Porwil Dulongmas Dipertahankan

by
DIALOG – Komisi C DPRD Kota Pekalongan berdialog bersama Dinparbudpora dan KONI Kota Pekalongan mengenai penyelenggaraan Porwil Dulongmas tahun 2020.

KOTA – Rencana penyelenggaraan Porwil Dulongmas tahun 2020 di Kota Pekalongan, sampai saat ini belum diputuskan apakah akan tetap berjalan atau ditunda akibat adanya pandemi virus corona. Sebagai langkah antisipasi, anggaran untuk pelaksanaan Porwil Dulongmas tetap dipertahankan dan tidak dialihkan untuk penanganan Covid-19 di Kota Pekalongan.

Ketua Komisi C DPRD Kota Pekalongan, Makmur S Mustofa mengatakan, setelah mendengarkan paparan dari KONI Kota Pekalongan maka Komisi C menyepakati untuk tidak mengalihkan anggaran Porwil Dulongmas. “Dulongmas belum ada keputusan final ditunda atau lanjut. Sedangkan jadwalnya adalah November. Sehingga kalau mudah-mudahan virus corona sudah reda itu tetap bisa dilaksanakan. Jadi anggarannya tetap dipertahankan dan tidak dialihkan,” tuturnya usai dialog bersama Dinparbudpora dan KONI dalam kegiatan sidak, kemarin.

Selain itu, seluruh KONI peserta Porwil Dulongmas dikatakan Mustofa juga masih mempertahankan anggaran masing-masing. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi jika memang pandemi virus corona mereda. “Apalagi kita bertindak sebagai tuan rumah. Jangan sampai ketika jadi dilaksanakan kita tidak punya anggaran,” tambahnya.

Selain anggaran untuk Dulongmas, KONI juga meminta agar pelaksanaan renovasi GOR Jetayu tetap dijalankan. Sebab renovasi tersebut juga bagian dari persiapan Porwil Dulongmas. GOR Jetayu disiapkan untuk menjadi salah satu venue yang menggelar banyak pertandingan dari berbagai cabang olahraga.

“Kemudian kepanitiaan Porwil Dulongmas ini juga sudah 70% sehingga kami sepakat agar ini tetap dipertahankan sebagai antisipasi jika Porwil Dulongmas tetap digelar di Kota Pekalongan,” kata ketua DPD PAN Kota Pekalongan itu.

Sementara itu, Ketua KONI, Mochammad C Maretan menyatakan bahwa harapan dari KONI bahwa Porwil Dulongmas tetap dapat berjalan. “Kami tetap memperjuangkan agar Porwil Dulongmas tetap digelar. Semoga pandemi ini segera selesai sehingga Porwil Dulongmas dapat tetap berjalan,” katanya.

Untuk itu pihaknya juga sudah menyampaikan kepada Pemkot maupun DPRD agar anggaran yang sudah dialokasikan untuk penyelenggaraan Porwil Dulongmas agar tetap dipertahankan. Sebab sampai saat ini belum ada keputusan dari KONI Jawa Tengah. “Belum ada keputusan finalnya. Jadi sebagai antisipasi karena kita juga tuan rumah,” tambahnya.

Maretan mengungkapkan, selama masa pandemi ini seluruh atlet yang sudah dipersiapkan untuk terjun dalam Porwil Dulongmas juga tetap menggelar latihan di rumah masing-masing. KONI melalui pengurus cabor, juga terus melakukan pemantauan terkait perkembangan masing-masing atlet. “Kami terus memantau lewat WA setiap hari. Bagaimana perkembangan atlet melalui pengurus cabor masing-masing,” kata owner Apollo Print tersebut.

Bagaimanapun, lanjut Maretan, event empat tahunan itu sudah dirancang sejak empat tahun lalu dan Kota Pekalongan yang sudah dipercaya sebagai tuan rumah jelas memiliki tugas yang besar baik untuk menyukseskan penyelenggaraan maupun untuk meraih prestasi. Sehingga dibutuhkan kerjasama semua pihak dalam menggelar dan menyukseskan Porwil Dulongmas di Kota Pekalongan.(nul)