Petugas Gabungan Operasi Jam Malam di Taman Kota dan Cafe

by
Petugas gabungan dari Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kota Kendal melakukan operasi jam malam di Taman Kota dan Cafe.

KENDAL – Petugas gabungan dari Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kota Kendal melakukan operasi jam malam yang telah diberlakukan di wilayah Kendal. Sasaran operasi di antaranya di taman-taman kota dan cafe. Turut mengawal operasi jam malam yaitu Kepala Kesbangpol Kendal, Camat Kendal, Kapolsek Kota Kendal, Danramil Kendal dan Kepala Dinas Pendidikan Kendal.

Operasi yang melibatkan personel dari polisi, TNI, Satpol-PP dan Linmas pada Selasa 14 April 2020 malam, petugas menemukan sejumlah anak muda dan pelajar yang masih nongkrong di Taman Hutan Klorofil dan di depan Stadion Utama Kendal. Sejumlah warga juga masih kumpul-kumpul di cafe. Untuk sementara, mereka diminta untuk pulang ke rumah masing-masing dan disarankan selalu memakai masker. Sedangkan cafe yang masih buka di atas pukul 8.00 malam, diminta untuk segera menutup cafenya.

Kepala Kesbangpol Kendal, Marwoto mengatakan, operasi jam malam akan terus dilakukan secara menyeluruh di wilayah Kendal. Tujuan utamanya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona yang sudah mewabah di Kendal. Operasi jam malam untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 di wilayah Kendal.

“Tujuannya untuk kebaikan masyarakat, supaya tidak ada yang kena virus corona. Operasi ini akan terus dilakukan di seluruh kecamatan, sekaligus memberikan himbauan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga diri supaya tidak tertular virus corona, seperti cuci tangan pakai sabun, memakai masker, makan yang bergizi dan tidak keluar rumah,” katanya.

Sementara itu Kepala Disdikbud Kendal, Wahyu Yusuf Ahmadi mengatakan, pihaknya telah mengimbau kepada pelajar, melalui sekolah agar fokus belajar dan tidak keluyuran di luar rumah. Kegiatan belajar mengajar di sekolah untuk sementara memang diliburkan, namun proses belajar mengajar tetap dilakukan secara jarak jauh di rumah masing-masing secara online. “Dari Dinas Pendidikan selalu ikut razia, karena untuk memantau para pelajar yang masih jalan-jalan, walaupun dari masing-masing sekolah sudah melakukan imbauan,” katanya.

Di sepanjang perjalanan, petugas juga memberikan imbauan kepada warga untuk tetap berada di rumah, mengenakan masker, menjaga kebersihan, seperti mencuci tangan dengan sabun, makan yang cukup dan bergizi, konsumsi vitamin atau buah dan sayuran. Cafe-cafe juga diminta untuk menyediakan sarana cuci tangan dan sabun, serta mewajibkan semua karyawan untuk memakai masker dan menaati aturan jam malam. (lid)