IDI Pekalongan Siapkan Bantuan APD untuk Fasyankes

by
SIAPKAN – Ketua Satgas Covid-19 IDI Pekalongan, dr Tunggul Pamungkas saat memantau persiapan penyaluran bantuan APD dari IDI Pekalongan ke berbagai fasyankes.

KOTA – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pekalongan menyiapkan ratusan jenis Alat Pelindung Diri (APD) untuk diberikan kepada fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di wilayah Pekalongan. Pemberian bantuan APD tersebut merupakan hasil dari program donasi yang dibuka IDI Pekalongan belum lama ini.

“Kami sudah siapkan berbagai jenis APD untuk diberikan ke fasyankes. Ini merupakan hasil program open donasi yang dibuka IDI Pekalongan. Kami menerima donasi dari berbagai pihak ditambah iuran dari anggota kami sendiri serta kas IDI Pekalongan,” tutur Ketua IDI Pekalongan, dr Zainal Arifin SpB FINACS, Selasa (14/4/2020).

APD yang sudah disiapkan rencananya akan mulai disalurkan Sabtu mendatang. Penyaluran APD diberikan mulai dari rumah sakit, puskesmas, klinik dan dokter keluarga. “Sudah kami data seluruhnya. Bantuan akan diberikan sesuai kebutuhan fasyankes masing-masing. Paling jauh kami akan berikan ke Puskesmas Paninggaran, Kabupaten Pekalongan,” jelasnya.

Program donasi dan pemberian bantuan APD tersebut dikatakan Zainal digerakkan oleh Satgas Covid-19 IDI Pekalongan. Tak hanya memberikan bantuan APD, Satgas Covid-19 IDI Pekalongan juga terus melakukan penyuluhan kepada para anggotanya terkait bagaimana menghadapi Covid-19 dan meminimalisir resiko tertular.

Ketua Satgas Covid-19 IDI Pekalongan, dr Tunggul Pamungkas menambahkan, kegiatan organisasi saat ini memang fokus untuk kepedulian terhadap seluruh anggotanya yang tersebar di berbagai fasyankes. Sebab mereka berada di posisi dengan resiko penularan yang tinggi. “Donasi diambil dari kerelaan para anggota dan pihak lain, termasuk perusahaan dan berbagai institusi pendidikan yang sudah turut menyumbang,” katanya.

Sebagai organisasi dan wadah para dokter, IDI dikatakan Tunggul berupaya untuk hadir dan nyengkuyung bersama untuk turut melakukan upaya-upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kota Pekalongan. “Semoga pandemi Covid-19 ini segera berlalu,” harapnya.(nul)