Unikal Salurkan 50 Baju Hazmet dan Handsanitizer

by
AKTIVITAS – Tim Unikal sedang melakukan serah terima dengan tim medis RSUD Keraton.

KOTA – Dalam rangka membantu tenaga medis khusunya perawat dan dokter RSUD Keraton, Unikal melalui Program Studi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) dan Program Studi Profesi Ners memberikan donasi berupa 50 baju Hazmet dan 5 liter Handsanitizer kepada RSUD Keraton dalam upaya penanganan pandemi virus Covid 19 di Kota Pekalongan.

Demikian disampaikan Rektor Unikal, Suryani SH MHum kepada Radar Pekalongan, Rabu (8/4/2020). Ditambahkan, donasi ini berasal dari swadaya Program Studi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) dan Program Studi Profesi Ners baik karyawan maupun dosen sebagai bentuk wujud kepedulian serta pelaksanaan tri darma perguruan tinggi dalam memberikan manfaat kepada masyarakat.



Selain itu, realitas di lapangan bagi para tenaga medis dalam menghadapi virus mematikan ini juga membuat civitas akademika Unikal merasa perlu bertindak. Minimnya sarana prasana untuk melindungi diri bagi petugas medis menjadi sebab banyaknya pahlawan kesehatan yang turut menjadi korban.

“Kalau kita pantau, banyakny sekali informasi bahwa petugas medis kekurangan Alat Pelindung Diri (APD) dan fasilitas lain yang digunakan untuk melindungi diri. Termasuk RSUD Keraton yang menjadi salah satu rumah sakit rujukan Covid 19 di Jawa Tengah,” ungkap Suryani.

Disamping pemberian APD, rencananya Unikal juga akan menerjunkan 60 relawan kesehatan yang nantinya bertugas untuk membantu masyarakat dalam memberikan edukasi pencegahan virus Covid 19 semakin menyebar luas. “Kami berharap, donasi ini dapat bermanfaat bagi tenaga kesehatan yang bertugas di RS. Kraton dalam menangani pasien Covid19,” pungkasnya. (mal)