Mulai Hari Ini Digelar Operasi Keselamatan

by

*) Berlangsung selama 14 Hari

SINERGITAS – Satlantas Polres Pekalongan Kota bersama stakeholder terkait bersinergi menciptakan kamseltibcarlantas dan pencegahan Covid-19.

KOTA – Terhitung mulai Senin (6/4/2020) Satuan Lalu Lintas Polres Pekalongan Kota selama 14 hari hingga 19 April mendatang akan menggelar Operasi Keselamatan Candi 2020.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Egy Andriam Suez melalui Kasatlantas AKP Sutono menjelaskan bahwa Operasi Keselamatan ini dalam rangka mewujudkan kamseltibcarlantas dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif guna meningkatkan simpati masyarakat terhadap polantas, khususnya dalam rangka pencegahan virus corona (Covid-19) dan menjelang bulan suci Ramadan.

“Operasi ini lebih memfokuskan pada kegiatan-kegiatan preemtif dan preventif, antara lain berupa penyuluhan-penyuluhan, imbauan-imbauan, dan pembinaan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menaati aturan tertib berlalu lintas,” jelas AKP Sutono, Minggu (5/4/2020).

Dengan operasi ini, imbuh Kasatlantas, masyarakat diharapkan semakin menyadari arti pentingnya mengutamakan keselamatan berkendara. Mereka menjadi sadar tentang berbagai potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas, dengan tidak melakukan pelanggaran.

Ditambahkan Sutono, dalam operasi ini pihaknya juga bersinergi dengan Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Kota Pekalongan. Bersama stakeholder terkait, Satlantas juga melakukan kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Antara lain mendata para pemudik yang memasuki Kota Pekalongan kemudian memberikan imbauan dan arahan terkait protokol menjaga kebersihan dan kesehatan, baik ke penyedia jasa transportasi maupun ke para penumpang dan pengendara. Selain itu mengimbau masyarakat untuk tidak berkerumun demi mencegah penyebaran Covid-19.

“Harapannya akan tercipta masyarakat yang disiplin dan mematuhi imbauan pemerintah maupun Maklumat Kapolri dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif. Mari bersama-sama menciptakan kamseltibcarlantas, meminimalisir terjadinya pelanggaran, kemacetan, dan kecelakaan, terutama menjelang bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri,” imbuhnya. (way)