Seni Cukil Bikin Kaos Gokil

by
Sablon Cukil
RAMAI - Stand Sablon Cukil pada festival clothing di Gedung Olah Raga. LAILATUL MAFIYAH
Sablon Cukil
RAMAI – Stand Sablon Cukil pada festival clothing di Gedung Olah Raga.
LAILATUL MAFIYAH

KOTA PEKALONGAN – Brother Loyal Clothing Komunity Festival (Blackfest) Pekalongan menggandeng komunitas Seni Cukil Pekalongan. Seni cukil menjadi kreasi baru di dunia clothing, prosesnya yang unik memberikan daya tarik tersendiri untuk pecinta clothing, Seni cukil ini membuat kaos lebih menarik.

Demikian disampaikan Event Organizer Blackfest, Tino Fara kepada Radar Pekalongan, Minggu (31/12). “Seni cukil ini menggunakan bahan semacam triplek, seusai dipola triplek di cukil dengan menggunakan pisau cukil dengan berbagai ukuran,” tandasnya.

Dikatakan Tino, desain cukil memiliki nilai jual yang tinggi, pola dan desainnya yang detail dan pengaplikasiannya pada triplek tidak mudah. “Untuk yang ingin membeli kaos dengan sablon dari seni cukil ini harganya terjangkau, tetapi untuk membeli triplek yang sudah didesain dengan seni cukil untuk dijadikan pajangan harganya tidak murah karena prosesnya lama,” ungkapnya.

Acara fetival ini Tino kenalkan bahwa desain dari clothing bukan hanya gambar biasa, banyak proses yang digunakan seperti seni cukil ini. “Ada juga proses lain seperti membuat lettering dan desain secara manual. Dengan festival ini saya ingin masyarakat menjadi tau bahwa proses membuat kalos bukan hanya sablon atau lukis,” katanya. (mg4)

Penulis: Lailatul Mafiyah & Redaktur: Dalal Muslimin