PPDB Online Hindari Kontak Langsung

by

*SMK Muh Kedungwuni

BELAJAR – Aktivitas pembelajaran para siswa SMK Muhammadiyah Kedungwuni.

KEDUNGWUNI – Banyak cara yang dilakukan oleh beberapa pihak untuk tetap menjalankan aktivitasnya meski di tengah-tengah wabah Covid-19 atau Virus Corona ini. Salah satunya yang dilakukan oleh SMK Muhammadiyah Kedungwuni dalam melaksanakan Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 ini. Pendaftaran yang sedianya dirancang secara online dan offline, kini dipusatkan menjadi pendaftaran online untuk mengurangi terjadinya kontak langsung antara petugas PPDB dengan calon pendaftar.

PPDB di SMK Muhammadiyah Kedungwuni dibuka mulai 1 April hingga 1 Juli 2020 mendatang. Demikian disampaikan Staf Kependidikan SMK Muhammadiyah Kedungwuni, Syaefudin. “Kami melaksanakan PPDB Online selama wabah. Sistemnya, kami telah menyediakan link yang dapat diakses oleh para calon peserta didik dari manapun,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, setelah siswa mendaftar mereka akan langsung mendapat respon melalui WhatsApp dari sekolah. “Setelah masuk akan ditindaklanjuti langsung,” kata dia.

Proses pendaftaran tersebut, dimulai dengan para calon peserta didik menginputkan data-data yang ada pada Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di Kartu Keluarga (KK). “Setelah itu calon peserta didik menginput data dan memilih jurusan yang minati,” tambahnya.

Setelah selesai proses pendaftaran online, berkas atau data yang lengkap akan mendapat notifikasi melalui pesan WA dari sekolah dan selanjutnya peserta didik mengimput data seperti nama, tempat tanggal lahir, asal sekolah dan lain sebagainya sesuai formulir yang tersedia secara online. (yak)