Siaga Covid-19, Warga Sapuro Screening Pemudik

by
PENYEMPOTAN – Penyemprotan cairan desinfektan di pemukiman RW 03 kelurahana Sapuro Kebulen.

SAPURO KEBULEN – Sejumlah kelurahan hingga RT RW di wilayah Kota Pekalongan menggiatkan screening dengan melakukan penjagaan di pintu-pintu masuk kelurahan dan membatasi arus keluar masuk. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 itu juga dibarengi dengan aksi penyemprotan disinfektan.

Selain itu, untuk mengantisipasi meningkatnya aktivitas pemudik, terutama dari DKI dan Jabar, Kelurahan Sapuro Kebuen juga telah menginstruksikan RT RW dan warga agar proaktif melaporkan warganya yang baru pulang mudik.

“Yang utama kita kerjasama dengan ketua RT dan RW, termasuk Linmas, KST dan Bhabinsa, kamtibmas sweeping ke warga sambil sosialisasi Covid-19 dan sudah mulai ada kegiatan penyemprotan ke RW dan RT,” ungkap Lurah Sapuro Kebulen, Pekalongan Barat, Samigiono, Selasa (31/3/2020).

Selain itu, meski Pemkot Pekalongan belum mengeluarkan kebijakan khusus mengenai lockdown, namun masyarakat sudah mulai melakukannya sebagai upaya preventif. “Alhamdulillah antusias, semua ikut berpartisipasi termasuk melaporkan warga yang baru mudik dari perantauan,” jelasnya.

Samigiono mengaku bahwa staf kelurahan hingga RT dan RW serta seluruh masyarakat Sapuro Kebulen cukup antusias membantu Kelurahan dalam menjalankan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayahnya. Hal itu dibuktikan salah satunya dengan aktifnya masyarakat dalam Satgas Covid-19 dengan mandiri melakukan penyemprotan desinfektan. (ap3)