FKUB dan Baznas Disinfeksi Ratusan Tempat Ibadah

by
DISINFEKSI GEREJA – FKUB Kabupaten Pekalongan melakukan disinfeksi di Gereja Immanuel Karanganyar.

KARANGANYAR – Meskipun sebagian tempat ibadah di ‘lockdown’, upaya antisipatif terus dilakukan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) bersama Baznas Kabupaten Pekalongan.

Ratusan tempat ibadah, baik itu masjid, musala, dan gereja telah disemprot disinfektan oleh FKUB dan Baznas Kabupaten Pekalongan.

“Dengan adanya wabah Covid-19, seluruh gereja di Kabupaten Pekalongan disemprot. Kami sudah mulai dari Gereja Kaligawe di Karangdadap, dan sekarang di Gereja Immanuel, dan sebentar lagi di Gereja Santo Yohanes di Karanganyar. Nanti seluruh gereja di Kabupaten Pekalongan akan kita semprot,” ujar Ketua FKUB Kabupaten Pekalongan M Dzukron, ditemui usai melakukan penyemprotan di Gereja Immanuel di Desa Banjarejo, Kecamatan Karanganyar, Sabtu (28/3/2020).

Dikatakan, FKUB Kabupaten Pekalongan ikut berpartisipasi mencegah penyebaran virus corona di tempat ibadah. “Meskipun sebagian tempat ibadah di ‘lockdown’. Gereja ini juga di’lockdown’, tapi tanggal 4 April nanti akan ada kegiatan donor darah,” kata dia.

Menurutnya, FKUB baru bergerak untuk melakukan penyemprotan sejak Jumat lalu. Namun, kata dia, untuk Baznas sendiri sudah melakukan penyemprotan disinfektan di 300 masjid dan musala.

“Warga yang dari Jakarta dan bagi tempat ibadah yang ingin disemprot silahkan hubungi FKUB atau Baznas. Kami siap,” tandas dia. Selain melakukan penyemprotan disinfektan, FKUB juga melakukan sosialisasi pencegahan virus corona seperti pentingnya sosial distancing, rajin mencuci tangan, dan memakai masker. (had)