Covid-19, Stok Darah di PMI Kendal Menipis

by

*Jumlah Pendonor Menurun

MENIPIS – Stok darah di PMI Kendal menipis. Hal itu terjadi akibat terjadi penurunan pendonor sejak muncul wabah virus corona.

KENDAL – Keberadaan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kendal menipis. Bahkan untuk stok darah golongan AB mengalami kekosongan. Menipisnya stok darah itu disebabkan karena penurunan pendonor darah sejak terjadinya wabah virus corona (Covid-19). Ketua PMI Kendal Budi Mulyono mengatakan, warga atau pendonor takut atau tidak ada yang datang ke PMI Kendal untuk mendonorkan darahnya. “Masih ada sekitar 200 kantong darah. Tapi untuk darah AB hari ini sudah habis,” katanya, kemarin.

Dengan stok 200 kantong darah, paling lama hanya bisa untuk mencukupi satu pekan kebutuhan darah di rumah sakit yang ada di Kendal. Sehingga diharapkan kepada warga pendonor untuk datang ke PMI Kendal dan mendonorkan darahnya. “Kalau tidak bisa datang ke PMI, kami bisa jemput atau datang ke lokasi,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah mulai mengkoordinir sejumlah komunitas yang sudah terbiasa donor darah. Bahkan pihaknya sudah menerapkan pengaturan jarak bagi mereka yang akan melakukan donor darah.

“Jangan khawatir, karena kami memastikan kami sudah mengatur jarak antar bangku agar tidak terjadi pengumpulan massa yang dapat berpotensi menularkan virus Covid-19,” tukasnya.

Selain itu, pihaknya juga selalu memastikan jika pendonor dalam kondisi sehat wal afiat. Salah satunya dengan skrining dan tes suhu badan. “Jika memang kurang sehat akan kami minta untuk menunda donor dan kami minta yang bersangkutan untuk istirahat di rumah,” tandasnya.

Edy Prayitno warga Kaliwungu yang terbiasa donor darah semenjak ditetapkan darurat Virus Korona, dirinya memang belum donor. Ia mengaku was-was saat akan donor darah. “Terakhir donor awal bulan Maret,” katanya. (lid)