Home Radar Pendidikan Siswa Paud Belajar Dilatih Bantu Tugas Harian Orang Tua

Siswa Paud Belajar Dilatih Bantu Tugas Harian Orang Tua

by Admin 3
BANTU – Salah satu siswa Paud Ibunda Gringsing saat membantu orang tua mereka saat belajar di rumah.

BATANG – Momen belajar di rumah kali ini dimanfaatkan Paud untuk mengenalkan anak didiknya terkait ketrampilan dasar kehidupan. Salah satunya anak belajar untuk membantu orang tua mereka melakukan aktivitas harian. Seperti membantu memasak (fun cooking), kebersihan, daur ulang sampah, ataupun kegiatan lainnya.

Hal ini juga dilakukan oleh anak didik Paud Ibunda Gringsing. Diwawancarai di sela kegiatannya Rabu (25/3/2020), Kepala Paud Ibunda Gringsing, Etika Umi Romlah menjelaskan, kegiatane ini merupakan bagian dari kompetensi pengayaan pendidikan holistik berbasis karakter.

“Kebetulan sekolah kami itu sekolah holististik berbasis karakter binaan dari IHF. Atau biasa juga disebut dengan Paud Semai Benih Bangsa Ibunda. Di momen Belajar di Rumah ini kami mengajak anak untuk tetap aktif belajar. Salah satunya untuk mengetahui tugas harian yang dilakukan oleh orang tua mereka sekaligus mereka diajak membantu orang tua mereka,” jelasnya.

Ada beberapa kegiatan yang direferensikan paud untuk orang tua di rumah. Seperti merawat tanaman peliharaan, merapikan rumah, kemandirian, berkebun, beribadah, main bersama adik/kakak, membacakan adik buku, olahraga bersama keluarga, dan lainnya.

“Dengan aktivitas ini diharapkan anak dapat terlatih kemampuan ketrampilannya. Khususnya ketrampilan yang biasa dilakukan oleh orang-orang sekitarnya dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya.
Selain itu juga nantinya orang tua diminta untuk memotivasi anak untuk menceritakan aktivitasnya selama belajar di rumah. Kemudian nantinya aktivitas tersebut dicatat dalam buku agenda.

“Dengan kegiatan ini kami berharap anak juga bisa merasakan apa yang sudah dikerjakan oleh orang tua mereka. Sehingga mereka bisa lebih menyayangi orang tua mereka. Selain itu juga dengan kegiatan ini bisa meningkatkan chemistry hubungan anak dan orang tua,” pungkas Etika. (nov)

Related Articles