Home Radar Kajen Pemdes Wuled Pasang 30 Gentong Air

Pemdes Wuled Pasang 30 Gentong Air

by Admin 3

*Tangkal Corona dengan Membiasakan Cuci Tangan

GERAKAN CUCI TANGAN – Pemdes Wuled memasang gentong air yang digunakan warga mencuci tangan.

TIRTO – Upaya menekan penyebaran virus corona terus dilakukan, dari penyemprotan disinfektan, pemakaian hand sanitizer hingga gaya hidup sehat. Salah satu pola hidup bersih dan sehat itu, di antaranya dengan membiasakan cuci tangan sebagai ikhtiar menangkal paparan Covid-19.

Hal ini pula yang mendorong Pemerintah Desa Wuled, Kecamatan Tirto, membuat gerakan pembiasaan mencuci tangan kepada warga dengan memasang sebanyak 30 unit gentong air di pinggir jalan strategis yang dapat dengan mudah digunakan mencuci tangan.

Dijelaskan Kepala Desa Wuled, Wasduki bahwa Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan langkah pertama mencegah penularan corona bukanlah dengan masker, tetapi mencuci tangan sesering mungkin. Langkah itu disarankan karena mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh akan membunuh virus yang mungkin ada di tangan.

“Cuci tangan merupakan langkah mudah dan aman untuk melindungi diri dari virus corona atau Covid-19, tetapi tidak banyak yang tahu bagaimana cara mencuci tangan yang benar yang direkomendasikan WHO,” ungkapnya, Rabu (25/3/2020).

Selain menyiapkan gentong air dan sabun, Wasduki bersama jajaran Pemdes Wuled juga memberikan edukasi warga tentang cara mencuci tangan yang benar. Di antaranya demgan membasahi tangan dengan air terlebih dahulu, menuangkan sabun pada tangan secukupnya untuk menutupi semua permukaan tangan, dilanjutkan dengan menggosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan lainnya hingga merata ke selah-selah jari dan dibilas dengan dengan air mengalir.

“Hal ini harus dilakukan sesering mungkin sebagai langkah awal untuk mengantisipasi penyebaran virus corona,” ungkap Wasduki di sela-sela pemasangan gentong air di depan kanntor balai desa.

Menurutnya, upaya pencegahan wabah Covid-19 juga telah dilakukan dengan penyemprotan disinfektan di masjid dan sarana umum lainya. Dia juga mengimbau kepada warganya untuk tidak melakukan kegitan yang mengumpulkan massa. (jun)

Related Articles