Catat Ini, Cuci Tangan Pakai Sabun Lebih Efektif dari Hand Sanitizer

by
lustrasi cuci tangan. (Frieda Isyana Putri/detikcom)

Pemerintah pusat terus menggalakkan gerakan mencuci tangan untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona Achmad Yurianto mengatakan mencuci tangan menggunakan sabun lebih efektif daripada hand sanitizer.
“Dan yang lebih penting dari itu semuanya adalah cuci tangan. Cuci tangan pakai sabun, tidak harus hand sanitizer, jauh lebih efektif menggunakan sabun dibanding dengan menggunakan hand sanitizer,” kata Yurianto dalam konferensi pers yang disiarkan langsung melalui akun YouTube BNPB, Rabu (25/3/2020).

Yuri, sapaan akrab Achmad Yurianto, menjelaskan dua alasan mengapa mencuci tangan menggunakan sabun lebih efektif daripada hand sanitizer. Alasan pertama, sebut Yuri, dengan mencuci tangan menggunakan sabun, seluruh celah di tangan bisa dibasuh.

“Karena dengan sabun kita akan menggunakan air yang mengalir, dan kita bisa membasuh seluruh celah kuku dan sebagainya dengan baik dibanding menggunakan hand sanitizer, yang mungkin hanya telapaknya saja yang bisa dibersihkan. Punggung tangan dan sela-sela lebih sering tidak,” papar Yuri.

Yuri juga mengimbau masyarakat berdisiplin menerapkan physical distancing. Dia menuturkan physical distancing harus dilakukan tak hanya di luar rumah.

“Jaga jarak dalam melakukan kontak interaksi sosial. Bukan hanya di luar rumah, di dalam rumah pun diupayakan untuk menjaga jarak,” terang Yuri. (detik)