Lakukan Jogging Send Selama Libur

by

*SD Muhammadiyah 01 Wuled

BERFOTO – Guru SD Muhammadiyah Wuled 01 berfoto usai melakukan jogging pagi sekaligus mengantar tugas, Rabu (18/3/2020).

TIRTO – Ada beberapa metode belajar unik yang diterapkan oleh tiap-tiap sekolah menyikapi adanya kebijakan belajar di rumah demi menekan persebaran virus corona. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah 01 Wuled khususnya untuk siswa kelas VI. Setiap pagi wali kelas VI, M. Khoirul Hidayat melakukan aksi jogging send. Kegiatan tersebut merupakan metode pertemuan singkat antara siswa dan guru dalam memberikan tugas harian. Kegiatan tersebut juga menyikapi kondisi, bahwa tidak semua anak memiliki android begitupun dengan para orang tuanya.

“Saya mengambil inisiatif dengan melakukan jogging pagi sambil mengantar tugas untuk anak kelas 6 yang belajar di rumah. Kebetulam saya ajak anak-anak Sekolah Sepak Bola (SSB) Semud Wuled diantaranya Ahmad, Faza, Luthfi, dan Bibil untuk menemani,” tutur dia.

Bersama anggota SSB, ia mengantar tugas ke 32 siswa yang beralamat di sekitar Desa Wuled dan Karangjati. “Dari 32 siswa tersebut, kebetulan ada 1 siswa yang lembar tugasnya kami titipkan, karena rumahnya agak jauh di Pandanarum,” imbuhnya.

Tugas yang diberikan merupakan tugas harian yang diperuntukkan bagi para siswa. “Setiap pagi saya mengantar sekaligus mengambil tugas hari sebelumnya,” tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskan, program tersebut akan dilakukan dengan menyesuaikan kebijakan kegiatan sekolah. “Karena untuk minggu depan kami buat program home visit untuk penilaian kompetensi ketrampilan,” kata dia. Home visit bagi kelas 6 akan dibuat kelompok sesuai jarak rumah. Setiap satu kelompok terdiri dari 4 anak dan guru akan melakukan penilaian ketrampilan siswa dalam setiap kelompok. (yak)