Features

Jalan-Jalan Akhir Tahun dan Sambut Tahun Baru

Pantai Celong

BERWISATA – Kawasan wisata Pantai Celong, Dukuh Mangunsari, Desa Kedawung Batang bisa jadi pilihan berwisata bersama keluarga.
LAILATUL MAFIYAH

Wisata Pantai Celong Hadirkan Keindahan Batu Karang

Pantai Celong, sudah tiga tahun ini dikelola oleh Pemda Batang menjelma sebagai tempat wisata yang nyaman dikunjungi wisatawan. Seperti apa? LAILATUL MAFIYAH, BATANG

Siang itu, Selasa (26/12) menunjukkan hari libur, tempat wisata menjadi tujuan berlibur masyarakat. Meksipun, pada akhir tahun ini hujan mengguyur Kabupaten Batang, ombak naik sampai dengan dua meteran, tetapi keindahan Pantai Celong tetap terjaga. Batu karang berbaris menampilkan keindahan tersendiri.

Pantai ini terletak di pantai utara tepatnya di Dukuh Mangunsari Desa Kedawung Kecamatan Banyuputih Batang. Pantai ini sudah lama ada dan dikelola oleh masyarakat setempat. Namun tiga tahun terakhir ini, sudah dikelola oleh Pemerintah Daerah Batang. Bahkan tradisi nyadran selalu diselenggarakan di pantai ini setiap tahunnya.

Wisata pantai ini menyajikan pemandangan menakjubkan. Cuaca panas tidak akan mengurungkan niat pengunjung untuk berlibur di pantai, karena di sana tumbuh rimbun pohon cemara. Cocok sekali untuk piknik bersama keluarga atau teman.

“Saat ini Pantai Celong sudah nyaman dikunjungi wisatawan, tetapi kami masih berusaha mengusulkan penyediaan fasilitas ibadah seperti musola. Ke depannya kami ingin wisata ini lebih maju, misalnya difasilitasi dengan taman bermain,” tutur Pengelola Wisata Celong, Bejo Santoso kepada Radar Pekalongan.

Untuk masuk ke kawasan wisata ini cukup mengeluarkan kocek Rp3.000 per orang. Waktu tempuh yang dibutuhkan agar sampai ke kawasan ini dari Jalan Pantura yakni selama 30 menit.

“Perjalanan tentu akan lebih mengasyikkan karena sepanjang perjalanan menuju ke pantai akan disuguhi pemandangan hutan karet dan hutan sengon,” jelasnya.

Dikatakan Bejo, Pantai Celong buka dari pukul enam pagi sampai lima sore. Bagi yang ingin camping pun di Celong juga bisa.

Selain itu terdapat oleh-oleh khas berupa ikan asin, serta terdapat tempat makan yang menyajikan menu makanan khas pantai, mulai dari ikan bakar hingga ikan goreng yang renyah.

Bisa jadi pilihan wisata akhir tahun 2017 sekaligus menyambut tahun baru 2018. Penasaran? (*)

Penulis: Lailatul Mafiyah & Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments