Radar Batang

Tawarkan Wisata Alam Pada Warga Asing

Papan Info Wisata

WISATA – Bupati Batang melihat rencana pengembangan wisata Bukit Patran yang berada di atas ketinggian 1200 Mdpl oleh pemuda Desa Kebaturan, Kecamatan Bawang, Minggu (17/12).
DONY WIDYO

Batang – Potensi wisata alam yang dimiliki oleh Kabupaten Batang sangat banyak, dan memiliki keindahan yang sangat memukau. Potensi tersebut akan coba ditawarkan kepada wisatawan asing terutama Jepang dan Korea yang saat ini banyak bekerja di Batang.

“Sudah menjadi agenda rutin bagi pekerja asing untuk berlibur setiap akhir pekan. Dan hal itu menjadi potensi bagi kita untuk bisa menarik mereka agar berlibur di sejumlah lokasi wisata yang ada di Kabupaten Batang ini,” ujar Bupati Batang, H Wihaji disela-sela mengunjungi lokasi wisata alam baru di Desa Kebaturan, Kecamatan Bawang, Minggu (17/12).

Bupati menjelaskan, wilayah Batang berupa laut disisi Utara dan pegunungan disisi Selatan, menyimpan banyak potensi objek wisata yang bisa ditawarkan pada wisatawan asing. Selain itu, aneka seni dan budaya yang tidak dimiliki oleh daerah lain, juga menjadi nilai tambah tersendiri. Karena itulah, pihaknya mempunyai rencana untuk mengajak warga asing dari Jepang dan Korea Selatan untuk menikmati keindahan alam di sejumlah objek wisata yang ada.

“Wisatawan asing banyak yang menyukai wisata alam yang masih asri dan eksotik, dan kita punya itu. Karena itulah, kita akan agendakan untuk mengajak mereka (warga asing) untuk mengunjungi beberapa lokasi wisata yang saat ini sudah dikembangkan oleh warga sekitar. Diharapkan nantinya mereka dapat ikut mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Batang ini, guna mensukseskan menyukseskan program ‘Heaven of Asia’ dan ‘Visit to Batang 2022’, ” jelas Wihaji.

Menurut Wihaji saat ini sudah banyak Curug di Batang yang dikembangkan menjadi objek wisata. Selain itu, juga ada lokasi wisata yang menawarkan keindahan panorama alam yang dipadukan seni budaya serta penambahan fasilitas lainnya guna menambah daya tarik. “Dan ini ada satu lagi wisata alam yang masih asri dan siap dikembangkan, yaitu wisata Bukit Patran yang berada di Desa Kebaturan, kecamatan Bawang yang memiliki keindahan alam yang memesona. Kami menjamin bagi wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Patran ini saat melihat panorama dari ketinggian akan enggan beranjak dari lokasi itu,” bebernya.

Perbukitan di lahan milik Perhutani KPH Pekalongan Timur itu mempunyai ketinggian 1200 Mdpl, menyajikan panorama eksotik nan molek. Kesejukan udara, rindangnya pepohonan cemara di Puncak Patran Nation menjadi daya tarik untuk disajikan pengunjung, diatas puncak bukit juga bisa melihat hamparan hijau pepohonan cemara yang diselimuti oleh kabut, seakan akan pengunjung berada di negeri atas awan.

“Kami tadi lihat ratusan warga guyup rukun menata kawasan ini menjadi ikon obyek wisata unggulan. Tadi pak kades mengatakan bahwa saat ini bukit Patran ini masih dalam tahap pembuatan wahan seperti Gardu pandang, Rute Trabas, hammock, rumah hobbit, wahan selfi, sarang burung, camping groynd, penangkaran rusa, mini water park dan juga untuk rute sepeda downhil. Sehingga nantinya pasti akan lebih menarik lagi,” tandas Kades Kebaturan M Abdul Syukur. (don/fel)

Penulis: M. Dhia Thufail dan Dony Widyo & Redaktur: Dony Widyo

Facebook Comments