Nasional

BNN Teliti Kandungan Pembalut Wanita, Ini Hasilnya

ILUSTRASI: Remaja di Jawa Tengah tengah kecanduan air rebusan pembalut. (dok. Radar Karawang/JawaPos Group)

JAKARTA – Badan Narkotika Nasional (BNN) bergerak cekatan memeriksa kandungan dalam pembalut wanita. Langkah itu sebagai respons atas fenomena anak jalanan yang mabuk dengan meminum air dari rebusan pembalut.

Kabag Humas BNN Kombes Pol Sulistiandriatmoko mengungkapkan, ada uji laboratorium atas lima merek pembalut. “Kami telah memeriksa lima merek pembalut wanita yang dibeli secara acak di sekitar kantor laboratorium BNN,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (10/11).

Merujuk hasil pemeriksaan laboratorium, BNN tidak menemukan kandungan narkotika ataupun psikotropika dalam lima merek pembalut itu. “Hasilnya semuanya negatif,” tegasnya.

Meski hasil laboratorium menunjukkan tidak adanya kandungan narkoba, BNN tetap punya perhatian serius terhadap fenomena mabuk menggunakan air pembalut. “Hal ini menjadi perhatian kami,” ujarnya.

Sebelumnya masyarakat dihebohkan kelakuan sekelompok remaja di Semarang, Jawa Tengah, yang meminum air rebusan pembalut. Air rebusan pembalut itu dianggap bisa memabukkan dan memberikan efek halusinasi seperti menggunakan narkotika, serta lebih murah dari sisi harga.(wiw/JPC/jpnn)

Facebook Comments