Lain-lain

Generasi Muda Harus ‘Melek’ IT, Punya Kapasitas dan Daya Saing Tinggi

Mohammad Saleh ST

Mohammad Saleh ST

Memasuki bulan November, ada satu hari penting dan bersejarah bagi bangsa Indonesia di bulan ini, yaitu Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November. Di hari itu, terjadi pertempuran sengit antara pasukan pejuang Indonesia melawan serangan tentara Inggris dan Belanda. Berikut hasil perbincangan Wartawan Radar Pekalongan, Abdu Rahman (AR) dengan Bendahara DPD Partai Golkar Jawa Tengah, Mohammad Saleh ST
(MS)
menyambut peringatan Hari Pahlawan?

AR : Apa makna hari pahlawan buat Kang Saleh?
MS : Hari pahlawan, kita peringati setiap 10 November, karena pada waktu itu 10 november 1945, para pejuang kita di Surabaya berperang melawan belanda untuk mempertahankan kemerdekaan.

AR : Keteladanan apa yang dibisa dipetik dari momentum bersejarah itu?

MS : Hari pahlawan merupakan momentum yang sangat pas bagi kita sebagai generasi muda untuk merefleksikan makna pahlawan bagi kita, dan bukan hanya terjebak pada peringatan seremonial biasa yang rutin sifatnya setiap tahun.

AR : Apa yang seharusnya kita lakukan buat bangsa ini?
MS : Momentum ini harus dijadikan alat bagi kita utk menginternalisasikan nilai nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai negara kesatuan republik Indonesia. Generasi muda tidak boleh terjebak ke dalam paham radikalisme, paham intoleran, dan juga kebiasaan dan perilaku negatif seperti narkoba.

AR : Bagaimana seharusnya kita lakukan dalam menghormati para pahlawan?
MS : Momentum hari pahlawan ini arus diisi dengan kegiatan-kegiatan positif untuk mengantisipasi arus informasi dan globalisasi serta industri digital yang tidak bisa kita hindari. Kita harus mempersiapkan diri SDM yang berkualitas, berdaya saing dan high tekhnology, sehingga bisa berjaya di tengah pusaran global yang hendak menerkam Indonesia. Peradaban dunia yang semakin terbuka tanpa sekat, persaingan ekonomi global yang semakin sengit.
Sekarang ini, luar negeri tidak perlu menjajah Indonesia untuk menguasai Indonesia tapi cukup menguasai kekayaan alam dan perekonomian Indonesia, sehingga yang terjadi adalah ketergantungan baik dalam aspek modal, tekhnologi maupun aspek lainnya

AR : Lantas, pesan apa yang dapat Kang Saleh sampaikan buat generasi muda?
MS : Terkait dengan tantangan diatas, kita sebagai generasi muda harus ‘melek’ IT, punya kapasitas dan daya saing yang tinggi untuk mengisi kemerdekaan ini. Sehingga kita bisa menjadi bangsa yang berdaulat di bidang pangan, dan bidang lainnya. (*)

Biodata
Nama : Mohammad Saleh ST
Pendidikan S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Undip
sedang menempuh Magister Energi di pasca sarjana Undip

Pengalaman Organisasi
Aktif di Ikatan Sarjana NU Jawa tengah
Wakil Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Jawa Tengah
Bendahara DPD I Golkar Jawa tengah
Ketua AMPI Jateng 2005-2010
Aktivis Mahasiswa Undip saat Reformasi 1998
Pekerjaan wiraswasta

Facebook Comments