Radar Pendidikan

Siswa SMAN 1 Kedungwuni Dikenalkan Pajak

Siswa SMAN 1 Kedungwuni Dikenalkan Pajak

MENDENGARKAN – Siswa SMAN 1 Kedungwuni tengah mendengarkan pemateri dalam kegiatan Pajak Bertutur, Jumat (9/11).
FAKHRUN NISA

KEDUNGWUNI – Pajak merupakan sebuah kewajiban yang harus dibayarkan oleh warga negara wajib pajak yang digunakan untuk keperluan negara demi kemakmuran rakyat. Dalam rangka memberikan sosialisasi tentang pajak kepada para siswa, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pekalongan mengunjungi SMAN 1 Kedungwuni pada Jumat (9/11).

Dalam kegiatan bertajuk Pajak Bertutur, siswa dikenalkan dengan pajak sejak dini. Meskipun mereka belum mempunyai kewajiban membayar pajak, namun pengenalan pajak sejak dini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran wajib pajak kelak. Demikian disampaikan oleh Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Pekalongan, Panji Setiawan.

“Kita ingin mereka mempunyai kesadaran bahwa pajak itu sangat penting bagi keuangan negara. Para penerus bangsa ini tidak saing dengan pajak, sehingga suatu saat nanti ketika mereka sudah bekerja dan memenuhi syarat kewajiban, mereka bisa mempunyai kesadaran untuk menyetorkan pajaknya,” ujarnya kepada Radar, Jumat (9/11).

Hal senada juga diungkapkan Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMAN 1 Kedungwuni, Siti Istikharoh. Menurutnya, Pajak Bertutur menjadi sebuah kegiatan positif yang membangun karakter generasi muda. Ia juga berharap siswa-siswi SMAN 1 Kedungwuni dapat memahami materi yang disampaikan sehingga muncul kesadaran kesadaran dalam diri mereka tentang pentingnya pajak.

“Sepertinya belum pernah ada program pajak yang amsuk sekolah, jadi kegiatan ini sangat bagus. Anak dikenalkan dengan pajak sedini mungkin, meskipun mereka belum bekerja tetapi sudah dikenalkan dengan kewajiban pajak. Dengan kegiatan ini mudah-mudahan generasi yang akan datang sadar akan pajak,” lanjutnya.

Disebutkan, kegiatan Pajak Bertutur di SMAN 1 Kedungwuni diikuti oleh perwakilan siswa dari setiap kelas, mulai kelas X hingga kelas XII. Kegiatan tersebut diselenggarakan sejak pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. Siswa antusias dalam mengikuti materi yang disampaikan dan aktif dalam kegiatan tanya jawab. (run)

PENULIS: FAKHRUN NISA

Facebook Comments