Radar Pendidikan

Siswa Diajarkan Mengolah Serealia dan Umbi-Umbian

MTs Al Hikmah Proto

MENGADAKAN – Siswa MTs Al Hikmah Proto mengadakan bazar makanan olahan serealia dan umbi-umbian di sekolah, Jumat (9/11).
FAKHRUN NISA

KEDUNGWUNI – Dalam rangka meningkatkan kreativitas dan keterampilan siswa, MTs Al Hikmah Proto mengajarkan siswa untuk membuat makanan berbahan dasar serealia dan umbi-umbian. Kegiatan digelar di sekolah pada Jumat (9/11), dan diikuti seluruh siswa kelas VII.

Guru Prakarya MTs Al Hikmah Proto, Firda Rohmatika Meli Sabrina, menuturkan kegiatan pengolahan serealia dan umbi-umbian digelar sebagai upaya untuk memenuhi tugas mata pelajaran prakarya. Setelah dibuat, hasil olahan serealia dan umbi-umbian dipamerkan serta dijual dalam bazar makanan yang diselenggarakan di halaman sekolah.

“Hari ini MTs Al Hikmat Proto mengadakan Bazar Makanan yang bertema Pemanfaatan Serealia dan Umbi-Umbian. Makanan yang disajikan dalam bazar ini merupakan hasil olahan siswa-siswi. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas anak dalam mengolah bahan serealia dan umbi-umbian menjadi produk makanan yang lebih banyak dikenal orang,” ujarnya kepada Radar, Jumat (9/11).

Selain untuk meningkatkan kreativitas, bazar makanan yang digelar juga diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam diri siswa. Bazar makan yang diselenggarakan sejak pukul 13.00 WIB tersebut diramaikan oleh siswa-siswi kelas VIII dan IX, serta guru MTs Al Hikmah Proto. Meskipun Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) libur di hari Jumat, namun siswa dan guru tetap antusias untuk datang ke bazar.

Sementara itu Kepala MTs Al Hikmah Proto, Murtadlo, mengungkapkan apresiasinya atas kreativitas siswa dalam mengolah serealia dan umbi-umbian. Ia juga berharap siswa dapat mengimplementasikan keterampilan yang didapat dalam kegiatan ini di luar sekolah.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kreativitas dan motivasi guru dalam mewujudkan hasil pembelajaran yang baik. Anak diharapkan dapat memanfaatkan bahan makanan serealia dan umbi-umbian seperti yang diajarkan dalam kegiatan ini, serta dalam mengimplementasikan ilmunya di masyarakat,” tandasnya. (run)

Facebook Comments