Radar Kendal

Sekolah Ini Dikunjungi Syeikh dari Yaman

SMP IT Robbani Kendal

MOTIVASI – Syeikh Ghomdhon Syuroikh al Yamani saat memberikan motivasi kepada anak-anak SMP IT Robbani Kendal.
AKHMAD TAUFIK

KENDAL – Kamis (8/11) kemarin, SMPIT Robbani Kendal kedatangan tamu spesial dari Yaman, yakni Syeikh Ghomdhon Syuroikh al Yamani. Kedatangannya dalam rangka berbagi ilmu bagaiamana cara membaca dan menghafal Alquran dengan baik.

Dalam paparannya, Syeikh Ghomdhon mengatakan, mempelajari Alquran harus dilaksanakan dengan penuh semangat kuat, yaitu kuat untuk menghafal, kuat untuk memahami, dan kuat untukmengamalkan.

“Menghafal Alquran itu harus fokus membagi waktu, tidak dominan bermain hp, nonton tv, atau yg lainnya. Tidak dikesampingkan dan harus dengan niat serta semangat. Lalu bagaimana kiat agar istiqomah dalam belajar Alquran, pertama berdoa agar selalu dekat Alquran, kedua membaca terus seperti sedang jatuh cinta, ketiga memberikan waktu khusus, dan keempat menghindari kesibukan yg tidak bermanfaat,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMPIT Robbani, Siti Nurjanah mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dengan adanya kunjungan dari Syeikh Ghomdhon Syuroikh al Yamani, karena ilmu yang dibagikan ada korelasi dengan program sekolah dalam bidang Alquran. Selain itu, juga sesuai dengan visi misi sekolah, yakni sekolah unggul berbasis Alquran berkarakter iman dan taqwa serta ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

“Penting sekali bagaimana anak-anak diajarkan membaca dan memahami Alquran dengan baik. Tentunya sangat pas kunjungan beliau karena di SMPIT Robbani Kendal memiliki program Alquran di mana aplikasinya pembiasaan membaca Alquran, baik pagi atau siang dan sore hari. Bahkan, dalam kurikulum 1 minggu ada 4 jam khusus Alquran dan setiap 1 jamnya 40 menit jadi 160 menit dalam satu minggu mendapatkan pelajaran Alquran,” ungkapnya.

Selain itu, di luar atau jam kelas pihaknya juga mengajak anak-anak setiap pagi mulai dari jam 7-8 untuk kegiatan membaca Alquran. Begitu pula saat dhuhur setidaknya 15 menit dan sore saat sholat Ashar 10 menit. SMPIT Robbani sendiri mewajibkan anak-anak hafal mininal 3 juz selama 3 tahun. Bahkan, selama ini hasilnya cukup luar biasa, ada yang 10 juz, ada yang 8 juz, dan lainnya standar.

“Harapannya kami dengan adanya kunjungan ini anak anak semakin semangat untuk mengahafal. Bukan hanya sekedar kewajiban sekolah, namun menjadi cinta dengan alquran, sehingga menjadi kebutuhan sehari-hari dan mendapat keberkahan,” pungkasnya. (fik)

Facebook Comments