Radar Pendidikan

Pengurus OSIS Sekolah Ini Dibekali Pemahaman Berita Hoax dan Hate Speech

Pengurus OSIS

SAMPAIKAN – KBO Sat Binmas Polres Pekalongan Kota, Iptu Sumadi SH menjadi narasumber dalam kegiatan PKD Lanjutan OSIS MAN 1 Kota Pekalongan di madrasah setempat.
MALEKHA

KOTA PEKALONGAN – Untuk membekali pengetahuan pengurus OSIS MAN 1 Pekalongan, agar tidak mudah terjebak menyebarkan berita hoax dan hate speech, kemarin, pengurus OSIS setempat mendapatkan sosialisasi dari Polres Pekalongan Kota dalam acara yang dikemas PKD Lanjutan OSIS di madrasah setempat.

Seperti diketahui, banyak kasus hoax dan hate speech yang menyebabkan seseorang harus berurusan dengan penegak hukum. Bahaya hoax akan berdampak luas jika tidak dihentikan, karena dapat menyebabkan disintegrasi bangsa, dan banyak faktor lain sebagai akibat dari maraknya hoax dan hate speech. Oleh karena itu, diperlukan upaya sosialisasi kepada masyarakat, khususnya kepada peserta didik.

KBO Sat Binmas Polres Pekalongan Kota, Iptu Sumadi SH, yang menjadi narasumber mengingatkan kepada peserta PKD Lanjutan OSIS MAN 1 Kota Pekalongan, agar hati-hati dalam penggunaan media sosial. “Tujuannya agar tidak bermasalah dengan aparat penegak hukum,” tuturnya.

Jika sudah menjurus ke tindak pidana, sambung Sumadi, maka Polri akan memberikan penegakan hukum. “Prinsipnya Polri mengajak kepada seluruh elemen masyarakan khususnya pelajar dan generasi muda harus mampu berfikir secara rasional.”

Selain materi tentang pencegahan tentang hoax, dan hate speech, Sumadi juga menyampaikan materinya tentang bahayanya menggunakan narkoba dan terlibat terorisme. Serta menyampaikan materi tentang tugas pokok Polri yaitu melindungi, mengayomi dan melayani, serta menegakkan hukum.

Kepala MAN 1 Pekalongan, Drs H Ahmad Najid MPdI, mengatakan peserta didik harus mengetahui tentang jenis-jenis narkoba tentang bagaimana mengetahui sebuah informasi hoax atau tidak. “Ini penting, oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Pekalongan kota telah mengirimkan personil dalam kegiatan PKD ini,” tuturnya.

Ahmad Najid menegaskan, MAN 1 Kota Pekalongan sebagai lembaga pendidikan perlu membentengi peserta didiknya untuk tidak gampang menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya. “Harapannya OSIS mampu sebagai pioner dalam menyebarkan informasi yang diterima dalam hal tersebut,” pungkas Kepala MAN 1 Kota Pekalongan di sela-sela kegiatan rutin pengawasan. (mal)

Facebook Comments